Penasaran Tes IELTS Computer Based?

Umum  

Salah satu tes bahasa Inggris yang diperlukan untuk melanjutkan studi ke negara-negara Inggris, Australia, Kanada bahkan Jepang dan Jerman, adalah tes IELTS. Di masa lalu, tes IELTS seluruhnya berbasis kertas (paper based). Namun sejak beberapa tahun lalu, penyelenggara tes IELTS juga menyediakan tes dengan berbasis komputer (computer based).

Tes IELTS computer based semakin hari semakin populer karena hasil tesnya yang lebih cepat dibandingkan dengan tes IELTS paper based. Beberapa penyelenggara tes menyediakan tes ini setiap hari dengan kuota terbatas, berbeda dengan paper based yang hanya diselenggarakan dua pekan sekali. Ini sangat membantu mereka yang ingin segera mendapatkan hasil tesnya.

Hanya saja, tes IELTS computer based ini belum banyak kita ketahui di dunia maya. Jika kita berselancar dan memasukkan kata kunci “IELTS computer based” maka sumber yang muncul masih sedikit. Ini menyulitkan bagi yang ingin mengetahui detail jenis tes ini. Apalagi di lembaga pelatihan bahasa Inggris pun belum banyak bisa kita temukan layanan IELTS compurer based ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, sebagai gambaran mengenai tes IELTS computer based, Anda bisa mencoba untuk meng-klik link berikut ini. Memang tidak lengkap tetapi bisa memberikan sedikit gambaran mengenai tes berbasis komputer tersebut.

https://takeielts.britishcouncil.org/take-ielts/prepare/ielts-on-computer/practice-tests

Pada praktiknya, tes computer based ini sama persis dengan paper based. Bahkan, bagi sebagian orang yang memang sudah sangat familiar dengan komputer/gadget, computer based ini lebih memudahkan. Waktu yang diberikan juga sama. Bedanya, dalam Listening, tidak ada tambahan waktu untuk memindahkan jawaban. Namun kita tetap bisa melihat keseluruhan soal, sebelum berpindah ke section tes berikutnya. Kita juga diberi waktu dua menit sebelum perpindahan soal ke section selanjutnya.

Untuk soal Writing malah lebih memudahkan karena di sana sudah dituliskan jumlah kata yang kita tulis dalam jawaban. Jadi kita tidak perlu repot-repot menghitungnya seperti dalam tes paper based. Jadi secara keseluruhan, tes ini lebih memudahkan bagi mereka yang akrab dengan gadget , terbiasa membaca dan mengetik di layar gawai.

Khusus untuk speaking test, tidak ada perbedaan antara computer based dan paper based karena sama-sama diwawancara oleh native speaker secara langsung. Jadi pastikan Anda siap untuk bercakap-cakap dengan bule. (Arbaiyah Satriani)

Berita Terkait

Image

Yang perlu diketahui tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia

Image

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Image

Strategi Jitu Datangi Pameran Pendidikan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Bakso Iga Penggugah Selera

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image