Toko Roti Ini Berusia Lebih dari Seabad

Kuliner  

Pernahkah kita berpikir kalau ternyata ada toko roti yang sangat tua usianya? Ia berdiri lebih dulu dibandingkan negeri kita. Toko itu bernama Toko Roti Go. Toko ini sudah ada sejak 1898 dan berlokasi di Purwokerto, Jawa Tengah.

foto : dok. republika.co.id

Toko roti yang berumur 125 tahun ini, berada di Jl. Jend. Sudirman, Purwokerto. Posisinya terletak di sebelah kanan jalan. Jika berjalan dari JL. MT. Haryono, belok kanan menuju Jl. Jend. Sudirman. Jika Anda berjalan dari Jl. D.I. Pandjaitan, Anda hanya perlu belok kiri menuju Jl. Jend. Sudirman.

Toko Roti Go didirikan oleh Oei Pak Ke Nio dan nama toko tersebut diambil dari nama sang suami yang bernama Go Kwe Ka. Saat ini, menurut sumber yang beredar toko Roti Go dikelola oleh anaknya yang bernama Rosani Wiogo dan suaminya, Pararto.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Keistimewaan toko roti ini adalah proses pemanggangan yang masih dipertahankan hingga sekarang, yaitu menggunakan oven yang sudah digunakan selama lebih dari 100 tahun. Meski, toko tersebut pernah mengalami kebakaran pada tahun 1948 tapi, oven tersebut masih dapat digunakan hingga sekarang. Menurut Rosani Wiogo, penggunaan oven yang telah berusia lebih dari 1 abad ini dikarenakan aroma dari kayu bakar membuat rasa roti yang khas.

Meski telah berusia lebih dari 100 tahun, toko Roti Go ini tetap mempertahankan kualitas. Roti yang diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet. Hal itu membuat roti tersebut hanya dapat bertahan dua hari saja. Jadi, roti-roti tersebut tidak dapat dijadikan oleh-oleh. Meski begitu, toko Roti Go ini memiliki banyak varian yang dapat dijadikan oleh-oleh.Bahkan Anda dapat menemukannya di salah satu marketplace.

Sayangnya, ada sebuah kabar bahwa toko Roti Go ini akan menutup operasionalnya dikarenakan anak-anak Rosani Wiogo belum ada yang bersedia untuk meneruskan bisnis yang telah berjalan selama lebih dari 100 tahun. Selain itu, anak-anak Rosani Wiogo menekuni bisnis di bidang lain. Rencananya, bisnis toko Roti Go ini akan diserahkan kepada saudara Rosani Wiogo.

Meski masih diisukan akan ditutup namun, tak ada salahnya jika Anda mencoba Roti Go ini yang buka pukul 08.00-19.00 setiap harinya. Jadi, selain mencicipi makanan khas Purwokerto, jangan lupa cobain roti di toko yang telah berdiri selama lebih dari satu abad. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image