Ini Lho Langkah Pertama Cari Beasiswa

Umum  

Siapa yang ingin sekolah ke luar negeri gratis alias dapat beasiswa? Pasti banyak yang mengangkat tangannya.

Tapi, berapa banyak dari mereka yang ingin dapat beasiswa, tahu cara memulainya?

Nah, jangan berkecil hati. Banyak kok yang bingung , mau mulai dari mana untuk mendapatkan beasiswa. Tapi, jangan khawatir, tulisan ini akan membantu kalian untuk mendapatkan informasi cara untuk memulai agar mendapatkan beasiswa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah mendapatkan informasi mengenai beasiswa itu sendiri. Iya dong, karena kita kan harus melamar beasiswa tersebut. Untuk melamarnya, kita harus tahu dulu beasiswa apa, siapa yang memberikan, kapan diberikan serta untuk siapa diberikan beasiswa tersebut.

Cara paling mudah, tentu saja, adalah berselancar di internet alias googling. Masukkan kata kunci beasiswa atau scholarship maka akan muncul ratusan informasi mengenai beasiswa. Pasti bikin bingung ya? Kalau begitu, kerucutkan pencarian dengan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya, beasiswa ke Korea, beasiswa full ke Australia, beasiswa tanpa batas usia, beasiswa ke Turki, dan sejenisnya. Kata kunci yang lebih spesifik akan membantu kita memperoleh informasi yang lebih spesifik juga.

Terasa mudah yaa Tapi ternyata, mendapatkan informasi di internet dengan kata kunci yang spesifik ini kerap masih membuat kita bingung juga. Misalnya, ada yang perlu ditanyakan, kita tidak bisa bertanya langsung. Masih harus melanjutkan pencarian lainnya dengan kata kunci lain.

Nah, ini ada cara yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi beasiswa atau studi baik di dalam maupun di luar negeri. Yaitu, dengan mendatangi pameran pendidikan di kota masing-masing. Memang, tidak semua kota menjadi tempat penyelenggaraan pameran pendidikan. Biasanya pameran ini digelar di kota-kota besar. Tetapi, jika memang memungkinkan untuk dijangkau, mengapa tidak diusahakan untuk datang?

Dalam pameran pendidikan, biasanya disediakan informasi beasiswa. Banyak pemberi beasiswa dari dalam maupun luar negeri memanfaatkan kesempatan pameran untuk mempromosikan program mereka. Adanya stand lembaga berbahasa inggris, jangan membuat kalian takut bertanya. Karena biasanya, ada orang Indonesia yang menjaga stand tersebut. Kalaupun penjaga stand tersebut orang asing, biasanya mereka mempunyai kemampuan berbahasa Indonesia juga. Jadi, pastikan menyiapkan pertanyaan yang banyak dan sesuai untuk diajukan sehingga kita memperoleh gambaran mengenai beasiswa yang ditawarkan.

Nah, mulai sekarang.. Pasang mata dan telinga untuk mencari informasi penyelenggaraan pameran pendidikan dan pastikan kalian datang ke sana. (Arbaiyah Satriani)

Berita Terkait

Image

Tertarik Beasiswa S3 di Monash University Malaysia? Cek Ini

Image

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Image

Berbagai Beasiswa Penuh Tanpa Syarat IELTS/TOEFL

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image