Apa itu Tes TOEIC?

Umum  

Sobat Calakan baru lulus atau sebentar lagi lulus kuliah? Kenali tes bahasa Inggris yang satu ini sebelum terjun ke dunia job hunting. Nama tes ini adalah TOEIC atau singkatan dari Test of English for International Communication.

Sebenarnya ini bukan tes baru, cuma pamornya kalah oleh tes sejenis, yaitu TOEFL yang memang lebih banyak digunakan di kalangan akademis. Lalu, apa bedanya tes TOEFL dengan tes TOEIC?

Dari bentuk soalnya, sih, tidak jauh berbeda. Sobat Calakan yang pernah mempelajari atau mengerjakan tes TOEFL tidak akan terlalu asing saat berhadapan dengan tes TOEIC. Namun, karena tujuannya memang untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dalam komunikasi pekerjaan sehari-hari, maka kosa kata dan contoh kasus yang muncul dalam tes TOEIC memang dirancang sedemikian rupa untuk menggambarkan dunia kerja. Misalnya percakapan formal, rapat, komunikasi di telefon, surat-menyurat, menulis laporan, pengumuman resmi, dan korespondensi bisnis lainnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di Indonesia, sudah banyak perusahaan yang menjadikan nilai tes TOEIC sebagai salah satu persyaratan rekrutmen karyawan. Bukan itu saja, beberapa perusahaan juga bekerja sama dengan lembaga bahasa resmi untuk mengadakan tes TOEIC bagi karyawan lama, sebagai bahan pertimbangan kelayakan kenaikan jabatan.

Dari sisi perusahaan, nilai TOEIC dianggap bisa menggambarkan kemampuan bahasa Inggris karyawannya saat berada di situasi kerja formal. Sementara dari sisi karyawan atau calon karyawan, tes TOEIC mengajarkan respons terbaik saat berhadapan dengan kasus-kasus yang biasa muncul di dunia kerja. Apalagi jika karyawan atau calon karyawan ini lebih dulu mendalami materi tes TOEIC melalui kursus sebelum mengambil tes sesungguhnya. Wawasan mereka akan lebih terbuka, dan pengetahuan tentang situasi kerja yang sesungguhnya pun bisa lebih dikuasai.

Sebagaimana dijelaskan di awal, tes TOEIC ini bentuknya tidak jauh berbeda dengan tes TOEFL. Terdiri dari 200 soal pilihan ganda, terbagi dalam 100 soal listening dan 100 soal reading. Waktu yang diberikan adalah 45 menit untuk bagian listening dan 75 menit untuk bagian reading, total 2 jam. Skala nilainya berkisar dari 10 sampai 990. ( www.itc-indonesia.com ).

Sebagai informasi tambahan, meski di Indonesia umumnya dipakai berkaitan dengan kepentingan bekerja, ternyata nilai tes TOEIC juga bisa digunakan untuk mendaftar kuliah di beberapa negara yang tidak berbasis bahasa Inggris, loh. Misalnya saja beberapa universitas di Korea, Jepang, Cina, Italia, dan masih banyak lagi. Ternyata luas juga, ya, kegunaan tes TOEIC ini. (Lisa Indriana)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Ini Dia Jenis Beasiswa, Jangan Terkecoh

Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image