Tujuh Alasan Kamu Harus Kuliah di Rusia

Umum  

Kalau kamu ingin memperdalam ilmu di bidang kesehatan, engineering, atau teknologi dan informasi, Rusia adalah salah satu tempat terbaik di dunia. Kalau kamu ingin kuliah di bidang ekonomi, keuangan atau ilmu pasti, negara federasi ini juga bisa menjadi tujuan. Lalu alasan lain apa yang membuat kamu harus melirik Rusia sebagai tempat menimba ilmu? Simak informasi berikut.

1. Kesempatan untuk Kuliah Gratis

Bagi mahasiswa internasional, tersedia peluang untuk kuliah gratis. Setiap tahun, pemerintah Rusia mengalokasikan sejumlah dana di berbagai universitas. Para mahasiswa internasional mempunyai kesempatan yang sama dengan mahasiswa lokal untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Peluang lain untuk mendapatkan biaya kuliah gratis adalah dengan memenangkan olimpiade di universitas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Pendidikan Dasar

Selama ini Rusia dikenal sebagai leader di bidang pendidikan matematika, fisika, kimia, engineering, programer, kedokteran dan bidang kreatif. Pendidikan dasar (classical education) di Rusia adalah satu satu yang terbaik di dunia.

3. Pilihan bidang studi yang sangat banyak

Rusia menawarkan lebih dari 4 ribu program pendidikan dasar dengan tema yang besar dan spektrum yang luas, mulai dari teknik hingga linguistik. Rusia juga mempunyai kekuatan pendidikan pada bidang-bidang kreatif seperti konservatorium, teater, koreografi hingga game design dan cyberpsychology. Jika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi mengenai bahasa Rusia, tersedia juga kelas persiapan bahasanya.

4. Diskon sebagai Mahasiswa

Para mahasiswa di Rusia berhak untuk mendapatkan berbagai diskon. Misalnya, untuk mahasiswa full-time bisa mendapatkan kartu transport spesial untuk naik subway, bis atau tram dengan harga yang sangat murah. Kamu juga bisa mendapatkan diskon untuk tiket museum, teater dan studio film. Masih banyak lagi peluang untuk mendapatkan diskon yang bisa kamu peroleh.

5.Harga dan kualitas

Rusia mempunyai rasio optimal antara harga dan kualitas pendidikan. Pada 2020, biaya pendidikan di negeri ini untuk program sarjana S1 adalah 83 ribu Rubel per tahun. Namun biaya pendidikan ini sangat bergantung pada beberapa hal seperti durasi pendidikan, format pendidikan, level yang diambil dll. Jadi pastikan mengecek terlebih dulu sebelum memutuskan.

6.Alam yang unik dan Peluang travelling

Rusia adalah negara terbesar di dunia dengan areal yang mencakup zona iklim kutub hingga subtropikal. Sebanyak 29 situs alam dan budaya di Rusia masuk dalam Daftar Warisan Kebudayaan Dunia UNESCO. Baikal adalah danau air tawar paling dalam, bersih dan luas di dunia. Jika kamu tertarik dengan monumen budaya, kamu bisa berkunjung ke gereja kuno Golden Ring di Utara Rusia, Masjid Biru (Zangar) dan Kremlin di Kazan serta masih banyak lagi tempat menarik dan eksotik lainnya yang tak akan habis dikunjungi selama masa studi di Rusia.

7.Kota-kota Besar

Universitas-universitas besar umumnya berada di kota-kota besar di Rusia dengan infrastruktur yang modern. Di sana, hampir setiap hari diadakan berbagai festival, pameran, kegiatan olahraga, pertandingan, pemutaran perdana film baru, pertunjukan teater dan lainnya. Saat waktu luangnya, para mahasiwa dapat terlibat dalam kehidupan budaya, menghadiri acara-cara menarik, mendapatkan kerja paruh waktu, bertemu dengan beragam orang baru dan dengan cepat beradaptasi di negara baru.

Masih banyak kelebihan kuliah di Rusia yang bisa digali. Untuk info lebih lanjut kamu bisa kunjungi website studyinrussia.ru. Nah, tunggu apalagi? (Arbaiyah Satriani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Ini Dia Jenis Beasiswa, Jangan Terkecoh

Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image