Ini Lho Bedanya TOEFL dan IELTS

Umum  

Sebagai orang yang sedang mencari informasi mengenai beasiswa, pendidikan di luar negeri atau dalam negeri, kita mungkin akan bertemu dengan persyaratan bahasa yang menyebutkan skor TOEFL atau IELTS. Lalu kita menjadi bingung, apa sih beda kedua jenis tes Bahasa Inggris ini. Nah kita bahas secara singkat ya di sini.

Sebelum membahas perbedaannya, kita diskusikan dulu persamaan antara keduanya sebagai berikut.

1. Baik TOEFL maupun IELTS sama-sama tes yang menguji kemampuan bahasa Inggris secara akademik. Artinya, kedua jenis tes ini diperlukan untuk seseorang yang hendak melanjutkan studinya di jenjang pendidikan lebih tinggi di luar negeri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Jenis tes yang diujikan pada keduanya sama-sama meliputi Listening, Reading, Writing dan Speaking.

3. Kedua jenis tes ini juga berlaku di berbagai negara seperti Inggris, Australia, Amerika hingga ke Rusia dan Saudi Arabia. Namun perlu dicatat bahwa TOEFL yang berlaku internasional adalah TOEFL iBT, bukan yang ITP apalagi yang prediction (lihat : Mengenal Beragam Jenis Tes TOEFL)

4. Untuk mengikuti kedua tes tersebut, sama-sama memerlukan persiapan yang memadai serta dana yang cukup karena ada syarat skor yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa/kuliah. Biayanya pun berkisar Rp 2,5 juta - Rp 3 juta untuk sekali tes sehingga perlu disiapkan dengan baik agar dana sebesar itu tidak mubazir akibat kurang persiapan.

Nah sekarang kita bahas mengenai perbedaan antara TOEFL dan IELTS.

1. Dari sisi nama, keduanya berbeda. TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language sedangkan IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. Lalu TOEFL yang berlaku internasional adalah TOEFL internet Based Test (iBT)

2. Ketentuan skor antara TOEFL iBT dengan IELTS juga berbeda. Skor tertinggi TOEFL iBT adalah 120 sedangkan IELTS skor tertingginya 9.

3. TOEFL iBT berasal dari Amerika sementara IELTS berasal dari Inggris. Karena itu, negara-negara persemakmuran akan lebih mengutamakan skor IELTS ketimbang TOEFL iBT sebagai syarat masuk di berbagai universitas negara-negara tersebut.

4. Jenis soal TOEFL iBT untuk Listening dan Reading adalah 100% pilihan ganda sementara soal IELTS hanya 25-30% yang pilihan ganda, lainnya adalah jawaban singkat.

5. Untuk Writing dalam TOEFL iBT ada dua dan bentuknya adalah soal mengenai opini. Sedangkan untuk IELTS dua soal writing dibagi menjadi satu soal membaca tabel/peta dan satu soal mengenai opini.

6. Soal Speaking dalam TOEFL iBT, karena memang seluruhnya menggunakan komputer maka speaking test-nya adalah berbicara dengan komputer. Untuk Speaking test dalam IELTS, kita berbicara langsung dengan penguji dan umumnya mereka adalah native speaker alias bule.

7. Khusus untuk IELTS, saat ini ada pilihan untuk paper based atau computer based. Manapun yang kita pilih, untuk speaking test-nya tetap dilakukan secara langsung dengan penguji.

Pertanyaan yang kemudian sering muncul adalah, kalau seperti itu, mana yang lebih baik untuk kita agar dapat skor yang lebih bagus? Apakah tes TOEFL iBT atau tes IELTS? Jawabannya, tergantung kebutuhan yang diperlukan.

Jika Anda ingin melanjutkan studi ke Inggris, Australia, Kanada, Brunei, Malaysia, maka sebaiknya mengambil tes IELTS. Tetapi jika ingin melanjutkan ke Amerika maka TOEFL iBT bisa dipilih. Hampir semua negara menerima kedua skor tes tersebut tetapi ada beberapa negara yang lebih mengutamakan untuk IELTS ketimbang TOEFL iBT.

Jadi, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu, syarat yang diminta. Jika keduanya bisa, maka tinggal dipilih, Anda lebih sreg untuk tes yang mana? Tingkat kesulitannya memang berbeda tetapi seseorang dengan kemampuan bahasa Inggris yang bagus, tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk melakukan salah satu tes tersebut. Yang perlu diantisipasi adalah kesiapan untuk menghadapi jenis soal yang diberikan. Bagaimanapun, ujian tetaplah ujian sehingga harus dipersiapkan dengan baik. (Arbaiyah Satriani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image