Jelang Ramadan, Ketahui 6 Manfaat Minum Air Kelapa untuk Tubuh

Kuliner  

Ramadan sebentar lagi. Salah satu yang sering menjadi perbincangan saat Ramadan adalah menu berbuka puasa. Nah, bagi Sobat yang ingin tetap bugar selama menjalankan puasa Ramadan satu bulan penuh, mungkin mau mengkonsumsi air kelapa setiap berbuka? Hal ini dikarenakan air kelapa ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

foto : dok. republika.co.id

Selain menghilangkan dahaga di saat kehausan, air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan kita. Apa saja? Kita simak berikut ini seperti dikutip dari situs health.clevelandclinic.org.

1. Mengatasi dehidrasi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

JIka dibandingkan dengan minuman olahraga yang biasa kita temukan di toko, air kelapa lebih rendah kalori dan karbohidrat dengan manfaat yang setara. Kandungan elektrolit dalam air kelapa menjadi daya tarik utama sehingga bisa membantu mengatasi dehidrasi yang berkaitan dengan olahraga. Meski demikian, air putih masih menjadi yang terbaik untuk mengatasi dehidrasi.

2. Kaya potasium

Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup potasium dalam makanan mereka. Mineral membantu menghilangkan natrium ekstra dari tubuh Anda melalui urin Anda. Air kelapa bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.

Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan tekanan darah, sebaiknya hindari air kelapa karena dapat menurunkannya terlalu banyak. Sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter Anda. Anda juga disarankan untuk tidak minum air kelapa dua minggu sebelum operasi apa pun karena dapat memengaruhi tekanan darah Anda karena kadar potasiumnya yang tinggi.

3. Rendah kalori

Jus buah lainnya mungkin mengandung banyak gula tambahan, kalori, dan karbohidrat. Sebaliknya, air kelapa lebih rendah kalori, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang menyukai minuman manis. Kandungan gula dalam 8 ons air kelapa adalah 40-60 kalori atau sama dengan 1/2 jus jeruk. Kabar baiknya, ini bisa menjadi pilihan diet yang sehat bagi Anda.

4. Bebas Lemak dan kolesterol

Air kelapa adalah 94% air dan bebas lemak dan bebas kolesterol. Sebagai minuman yang menyegarkan, air kelapa pun tanpa pemanis dan tidak menambahkan natrium. Jadi cocok untukd diminum setiap waktu.

5.Pencegahan batu ginjal

Di A.S. 11% pria dan 6% wanita memiliki batu ginjal setidaknya sekali seumur hidup mereka, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencegahnya. Dengan minum air kelapa, sebagai bagian dari diet yang seimbang, hal tersebut dapat memberikan kelegaan dan membantu membersihkan sistem di dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa air kelapa meningkatkan pembuangan kalium, klorida, dan sitrat dalam urin.

5. Kulit lebih sehat

Air kelapa juga dapat membantu melawan jerawat karena sifat antimikrobanya, saran studi awal tahun 2017. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa dapat membantu sistem antioksidan Anda dengan menetralkan efek radikal bebas.

Nah, bagaimana? Ternyata banyak manfaat air kelapa untuk tubuh kita. Jadi, saat berbuka nanti, jangan ragu untuk mengonsumsi air kelapa sebagai salah satu minuman pembuka. (aan)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image