Lima Tes Bahasa Inggris Selain TOEFL dan IELTS

Umum  

Di Indonesia kita sering mendengar tes kemampuan Bahasa Inggris berupa TOEFL dan IELTS. Namun, sebenarnya ada juga tes kemampuan Bahasa Inggris yang mungkin jarang Anda ketahui dan memiliki keunggulan yang sama untuk bekerja atau kuliah. Berikut penjelasannya.

foto : dok. republika.co.id

1. PTE

PTE atau Pearson Language Tests juga tes kemampuan Bahasa Inggris bila Anda ingin bekerja atau kuliah. Tes ini dikembang oleh PLC Pearson, yang merupakan sebuah perusahaan penerbitan multinasional asal Inggris Raya. Tes PTE ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu, PTE Academic, PT UK Visa, dan PTE Home.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PTE Academic ini dapat diperlukan menjadi syarat kemampuan Bahasa Inggris untuk bekerja atau kuliah di seluruh dunia. Sedangkan, PTE UK VISA (PTE UKVI) hanya dapat digunakan untuk bekerja atau belajar di Inggris. Serta, PTE Home dapat digunakan bagi yang ingin menetap atau mengajukan kewarganegaraan Inggris.

2. Cambrigde Exam

Ujian Bahasa Inggris ini dikelola oleh University of Cambridge. Tes Cambrigde Exam juga dapat digunakan untuk keperluan sekolah ataupun bekerja. Tes ini memiliki tiga perbedaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari schools, general and higher education, serta business.

Tes Schools ditujukan bagi siswa sekolah yang ingin mengetahui kemampuan Bahasa Inggris bagi siswa sekolah. Pada tes ini terdapat tujuh level kemampuan Bahasa Inggris mulai dari Pre A1 Starters, A1 Movers, A2 Flyers, A2 Key for Schools, B1 Preliminary for Schools, B2 First for Schools, C1 Advanced, dan C2 Proficiency.

Untuk tes General and higher education, ditujukan bagi mereka yang ingin bekerja atau kuliah. Terdapat lima level dengan tingkat kesulitan yang berbeda yaitu A2 Key, B1 Preliminary, B2 First, C1 Advanced, dan C2 Proficiency.

Sedangkan tes Business, ditujukan bagi para profesional yang bekerja di luar negeri serta meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dikalangan profesional. Tes Bahasa inggris ini memiliki tiga level mulai dari B1 Business Preliminary, B2 Business Vantage, dan C1 Business Higher.

3. TOEIC

TOEIC atau Test of English for International Communication merupakan tes Bahasa Inggris yang bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris dalam pekerjaan. Tes ini mengukur kemampuan listening, reading, writing, dan speaking. Namun, tes TOIEC ini terbagi menjadi dua tes yang berbeda yaitu TOEIC Listening and Reading serta TOEIC Speaking and Writing.

Pada tes TOEIC Listening and Reading terdapat 200 jumlah soal yang terbagi dalam dua sesi. Adapun waktu pengerjaannya yaitu 2,5 jam. Sedangkan, TOEIC Speaking and Writing waktu mengerjakan soal yaitu kurang lebih 80 menit, tes speaking berlangsung selama 20 menit dengan 11 soal dan tes writing berlangsung selama 60 menit dengan 8 soal.

4. CAEL

CAEL atau Canadian Academic English Language merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris jika Anda ingin melanjutkan studi di Kanada. Tes ini diselenggarakan oleh Paragon Testing Enterprises yang berpusat di Vancouver. Untuk mengikuti tes ini, bisa dilakukann secara online di rumah atau mendatangi test center. Di Indonesia sendiri, Anda dapat mengikuti tes CAEL secara online.

Tes ini berlangsung selama 3,5 jam dengan rincian; tes speaking (7-10 menit), integrated reading (32-50 menit), integrated listening (25-35 menit), Academic Unit A (60-70 menit), dan Academic Unit A (40-45 menit). Sementara itu, biaya yang diperlukan untuk tes CAEL online yaitu $280+Taxes.

5. OET

OET atau Occupational English Test merupakan tes kemampuan Bahasa Inggris yang ditujukan bagi perawat. Saat ini penyelenggara resmi tes OET yaitu Cambridge Boxhill Language Assessment, yang merupakan kerja sama antara Cambridge Assessment English dengan Box Hill Institute.

Tes OET ini berlangsung selama kurang lebih 147 menit dengan rincian; listening (kurang lebih 40 menit dengan 42 soal yang berbagi menjadi tiga bagian), reading (terdiri dari 42 soal yang terbagi dalam tiga bagian dalam waktu 60 menit), writing (45 menit), dan speaking (20 menit). (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image