Selandia Baru Bisa Jadi Negara Alternatif untuk Kuliah

Umum  

Selandia Baru dapat menjadi negara pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk melanjutkan studi di negeri tersebut kita bisa mendaftar beasiswa Vice-Chancellor’s International Excellence Scholarship. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang berasal dari University of Waikato atau bisa juga disebut dengan beasiswa kampus. Adapun jenjang yang ditawarkan mulai dari S1 hingga S3. University of Waikato terletak di kota Hamilton yang berada di wilayah Waikato.

foto : dok. republika.co.id

Persyaratan

Sebelum mendaftar beasiswa Vice-Chancellor’s International Excellence Scholarship, ada sejumlah persyaratan yang harus sobat Calakan perhatikan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Mendaftar program sarjana atau pascasarjana penuh waktu sebagai mahasiswa internasional University of Waikato.

2. Menerima penawaran conditional atau unconditional dari University of Waikato.

3. Memiliki IPK minimal setara B+

4. Tidak terdaftar di Universitas Waikato di mana pun pada program sarjana atau pascasarjana dan belum membayar biaya pada saat melamar.

5. Tidak melalui lembaga atau badan sponsor

6. Tidak memiliki Perjanjian Kredit Terjamin (Guaranteed Credit Arrangement) dan tidak melalui studi di luar negeri atau perjanjian pertukaran pelajar.

Khusus IPK, Anda dapat mencari di internet terkait konversi nilai angka dengan nilai huruf. Tujuannya, agar dapat memastikan bahwa IPK yang Anda miliki sesuai dengan persyaratan.

Proses pendaftaran

Pendaftaran beasiswa dapat diajukan kapan saja dan keputusan biasanya akan diterima dalam delapan hingga 12 minggu sejak pendaftaran.

Kandidat wajib mengungguh surat penawaran (offering letter) conditional atau unconditional, serta berikan alasan spesifik alasan ingin belajar di University of Waikato dan bagaimana kandidat akan menjadi duta global untuk University of Waikato.

Proses seleksi

Proses seleksi terdiri dari dua tahap yaitu tahap yaitu berdasarkan prestasi dan potensi menjadi duta global untuk University of Waikato.

Semua kandidat yang telah mendaftar, akan diberi peringkat atau ranking dan direkomendasikan sesuai dengan Kriteria Seleksi oleh Kantor Internasional. Kemudian, diteruskan ke Seleksi untuk dipertimbangkan.

Sementara itu, juri seleksi terdiri dari Ketua Komite Beasiswa dan Direktur – Internasional.

Manfaat

Beasiswa yang diterima berupa biaya kredit kuliah dan nilai dengan nominal yang berbeda tergantung jenjang pendidikannya. Mahasiswa sarjana mendapat : hingga 8 ribu dolar (tahun pertama), hingga 12 ribu dolar (tahun kedua), dan hingga 15 ribu dolar (tahun ketiga). Sedangkan mahasiswa pascasarjana: hingga 15 ribu (hanya ditahun pertama).

Namun, sebagian kandidat akan menerima beasiswa mulai dari 2.500 dolar NZ, bahkan lebih tinggi. Jumlah beasiswa yang ditawarkan dan nilai dari setiap beasiswa yang ditawarkan merupakan kebijakaan Komite Beasiswa dan didasarkan pada kriteria tertentu seperti dana yang tersedia, program studi yang dituju, durasi program studi yang dimaksud, jumlah kredit yang terdaftar, dan kesetaraan IPK.

Dengan adanya peluang beasiswa Vice-Chancellor’s International Excellence Scholarship di Selandia Baru untuk jenjang S1 hingga S3, tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image