Lima Alasan Los Angeles Menjadi Pusat Industri Hiburan

Melancong  

Biasanya, pusat industri hiburan di suatu negara berada di ibu kota negara. Hal itu, tidak berlaku di Amerika. Faktanya, Los Angeles (LA) yang letaknya sangat jauh dari ibu kota Washington, D.C. ini menjadi pusat industri hiburan. Namun, apa yang membuat LA hingga saat ini masih menjadi pusat industri hiburan meskipun negara AS ini membentang dari timur ke barat? Bahkan sebagian wilayah AS juga berada di dekat Kutub Utara seperti Alaska dan di tengah-tengah Samudra Pasifik seperti Hawaii.

foto : dok. republika.co.id

1. Sejarah berharga dalam industri hiburan

LA menjadi pusat industri hiburan tak lepas dari sejarah pada lalu. Sejak 1910, LA sudah berkecimpung di industri hiburan dengan studio film pertama yang berdiri di sana. Dari situlah banyak komunitas pembuat film dan pemain film berkembang pesat. Terlebih lagi saat ini banyaknya studio film terkenal yang berada di kota LA seperti Warner Bros., Paramount Pictures, Universal Studios, Disney, dan Sony Pictures.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Selain film, ada juga industri televisi dan musik. Di antaranya, acara televisi yang pertama kali ditayangkan pada 1939 dan musik dipopulerkan pada 1949 oleh Boardwalk Records Company yang berlokasi di kota Los Angeles. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak orang tertarik ke LA untuk peluang hiburan, maka reputasi satu-satunya LA sebagai "Ibukota Hiburan Dunia" pun berkembang.

2. Memiliki banyak bakat kreatif

Dalam dunia musik saja, diperkirakan lebih dari 150 ribu profesional di bidang musik bekerja di wilayah Greater Los Angeles termasuk komposer, penulis lagu, produser, dan banyak lagi. Jumlah tersebut dapat berlipat ganda bila ditambah profesional teknologi yang bekerja di industri hiburan.

Insfrastruktur atau prasarana yang dibangun oleh orang-orang hebat mampu menggerakkan industri hiburan di Los Angeles. Setiap jenis pemeran dapat ditemukan di LA untuk mengisi acara televisi atau bermain film, mulai dari pemeran pengganti hingga aktor terbaik.

3. Hiburan bagi semua kelompok

Saat ini banyak sekali meeting planner atau event organiser yang menggunakan hiburan agar acara makin sempurna. Terkait dengan itu, banyak sekali acara atu kegiatan yang bisa ditemukan di LA misalnya memadukan penampilan selebriti, musik live atau komedi, pedagang kaki lima atau acara mencicipi makanan, daya tarik wisata lokal, museum atau tempat hiburan, wisata khusus untuk kelompok, dan masih banyak lagi.

4. Studio film juga merangkap sebagai event space

Hal unik yang terjadi pada sebuah pertemuan di LA yaitu para peserta atau partisipan dapat berkumpul di sebuah tempat yang menjadi latar pembuatan film atau acara TV.

Para penyelenggara acara atau kru dapat menggabungkan suasana pertemuan dan acara yang terinspirasi dari salah satu production house atau studio sehingga tidak perlu biaya untuk mendekorasi ruangan. Beberapa studio film tersebut mulai dari The Studios at Paramount, Universal Studios Hollywood, Warner Bros. Studios, dan Sony Pictures Studios.

5. Lebih Dari Sekedar Hollywood

Yang membuat Los Angeles berbeda dari kota lainnya yang juga merupakan industri hiburan adalah bahwa kota LA lebih dari sekedar pusat pembuatan film. Kota tersebut juga berevolusi menjadi tempat peluang kerja bagi orang-orang kreatif atau teknis di bidangnya. Ada juga perusahaan game, studio animasi, rumah pascaproduksi, studio efek visual, dan perusahaan label rekaman bermarkas di Los Angeles.

Selain itu, letaknya yang dekat dengan Silicon Valley dan pusat teknologi lainnya membuat banyak profesional teknologi berbondong-bondong ke Los Angeles untuk mencari peluang kerja inovatif yang berkisar seputar teknologi streaming dan akses ke talenta kelas dunia. Karena streaming menjadi semakin populer di situs-situs seperti YouTube dan Netflix. Meningkatnya permintaan untuk pembuat konten dan inovator berkualitas tinggi membuat Los Angeles akan terus mendominasi industri hiburan. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image