Menempuh Rute ke Pantai Parangtritis

Melancong  

Siapa yang tak tahu Pantai Parangtritis? Salah satu pantai yang terkenal di Yogyakarta, tepatnya berlokasi di Kab. Bantul. Pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh warga di sekitar Yogyakarta ataupun turis dari luar kota baik hari normal atau hari libur.

foto : pantai parangtritis yogyakarta (dok. republika.co.id)

Meski wisatawan selalu diperingatkan untuk berhati-hati saat bermain di bibir pantai, mengingat ombak khas laut selatan yang besar,nyatanya, tak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Parangtritis.

Rute

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk menuju Pantai Parangtritis, Anda dapat melewati Jl. Parangtritis yang merupakan rute tercepat bila Anda berangkat dari Kota Yogyakarta. Jika Anda dari arah Barat, maka Anda terus melaju ke barat yang melewati Taman Pintar hingga perempatan Jl. Brigjend. Katamso dan belok kanan menyusuri sepanjang Jl. Brigjend. Katamso. Sedangkan bila dari arah timur, Anda melaju ke arah barat yang melewati Jembatan Sayidan hingga perempatan Jl. Brigjend. Katamso. Kemudian, Anda belok kiri menyusuri sepanjang Jl. Brigjend. Katamso.

Nantinya, Anda akan bertemu di kedua pertigaan Jl. Kolonel Sugiyono. Tak perlu khawatir, Anda hanya perlu berjalan lurus saja, nantinya di pertigaan kedua Jl. Kolonel Sugiyono akan menemukan Jl. Parangtritis. Anda tinggal menyusuri sepanjang jalan tersebut.

Posisi Pantai Parangtritis ini berada di sebelah timur Pantai Parangkusumo. Jadi jika Anda ingin mampir ke Pantai Parangkusumo, Anda belok kanan menuju TK Negeri 1 Kretek dan berjalan lurus hingga pertigaan Jl. Pantai Parangkusumo, kemudian belok kanan menuju pertigaan. Lalu Anda belok kiri untuk menuju Pantai Parangkusumo. Nantinya, Anda tinggal melaju ke timur untuk menuju ke lokasi Pantai Parangtritis.

Namun jika Anda ingin langsung menuju pantainya, Anda terus menyusuri Jl. Parangtritis hingga menemukan plang berwarna hijau yang bertuliskan “Area Parkir Tepi Pantai”, belok kanan dan ikuti jalan tersebut hingga menuju lokasi parkir.

Harga tiket dan fasilitas

Harga tiket masuk yaitu sebesar Rp 10 ribu per orang. Sedangkan untuk parkir roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 3 ribu, sedangkan mobil/bus dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu. Jangan kaget bila dari loket masuk tempat wisata menuju pantai masih ditempuh dalam waktu kurang lebih enam menit atau berjarak 3,1 km. Hal ini juga yang menyebabkan sebagian pengunjung kecewa karenanya jauhnya jarak dari gerbang tiket menuju pantai.

Di dalam kawasan pantai, setelah membayar tiket masuk, terdapat penyewaan delman, sand boarding, motor ATV besar maupun kecil, serta penyewaan tikar lengkap dengan payung untuk berteduh sambil menikmati ombak di pantai. Ada juga, kolam air hangat khusus bagi anak-anak. Selain menikmati ombak Pantai Parangtritis, Anda dapat melakukan olahraga paralayang ataupun menikmati senja dari puncak bukit.

Mitos

Beredar mitos, bahwa pengunjung Pantai Parangtritis tidak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau. Hal tersebut dikarenakan pakaian berwarna hijau dipakai oleh penguasa pantai selatan, yaitu Nyi Roro Kidul. Hal tersebut sudah menjadi pengetahuan umum bagi masyarakat sekitar dan pengunjung pantai tersebut.

Namun, ada juga yang menyatakan bahwa di balik mitos larangan mengenakan pakaian berwarna hijau ini adalah agar tidak menyulitkan tim penyelamat untuk mencari wisatawan yang tenggelam. Jadi, bila Sobat Calakan berkunjung ke Yogykarta, jangan lupa mengunjungi Pantai Parangtritis. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image