Berwisata di Rest Area KM 260 B

Melancong  

Umumnya jika kita melakukan perjalanan jarak jauh, kita ingin beristirahat sejenak untuk melepas penat setelah perjalanan berlangsung beberapa waktu. Biasanya kita mencari toilet atau penjual makanan/minuman di tempat beristirahat tersebut. Nah, saat ini sudah banyak jalan bebas hambatan (tol) di Indonesia yang menghubungkan satu daerah ke daerah lainnya. Di dalam tol tersebut, kita bisa menemukan beberapa rest area (tempat beristirahat).

rest area KM 260 B di Brebes (foto :dokpri)

Tahukah Sobat Calakan, ada satu rest area yang unik di Pulau Jawa? Tepatnya di km 260 B yang berada di Kabupaten Brebes. Jika kita melakukan perjalanan dari Semarang/Yogyakarta menuju ke Jakarta, kita akan melewati rest area ini. Tempat ini menjadi unik karena merupakan bekas pabrik gula. Jadi, jika di rest area pada umumnya pedagang berjajar di sekitar lokasi parkir maka di sini, para pedagang dimasukkan ke dalam gedung bekas pabrik gula tersebut. Dengan begitu, kita yang beristirahat akan berada di lokasi yang tertutup, tidak akan terkena hujan atau terpapar sinar matahari secara langsung.

Yang menarik, bangunan bekas pabrik ini masih menyisakan beberapa bagian berupa batu bata merah yang saat ini menjadi salah satu spot foto yang menarik. Desain bangunan lama tetap dipertahankan dengan pintu yang tinggi dan melengkung sehingga kesannya kuno tetapi artistik.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bangunan ini beratap sangat tinggi yang membuatnya menjadi terasa lega dan tidak sumpek meskipun cuaca Brebes cenderung panas. Kios para pedagang pun ditata sedemikian rupa sehingga membuat kita nyaman untuk berbelanja atau bersantap. Tak heran jika banyak pengunjung di rest area ini berlama-lama untuk tinggal di sana. Jenis makanan yang dijajakan pun cukup beragam, dari mulai kopi di kedai, soto, bakso hingga makanan cepat saji. Sedangkan untuk oleh-oleh terdapat makanan khas Brebes dan sekitarnya seperti telur asin aneka rasa (dibakar, dipindang, atau dibumbui bawang putih selain yang original). Ada juga bawang merah dan bawang putih yang memang asli dari Brebes.

Boleh dibilang, rest area ini lengkap dengan berbagai fasilitas. Selain lokasi istirahat yang bikin betah, ada juga masjid yang luas dan nyaman. Desain masjid dibuat semi terbuka sehingga udara bebas bergerak. Ada kolam ikan yang cukup besar di dekat tempat wudhu yang berisi ikan. Kita bisa melepas penat menyaksikan ikan-ikan tersebut.

Memang lokasi masjid ini tidak menyatu dengan gedung tempat beristirahat tetapi jaraknya hanya sekitar 1-2 meter saja. Nah, di antara jarak tersebut, terdapat palyground untuk anak-anak balita bermain. Ada mobil-mobilan yang bisa disewa tetapi ada juga prosotan dan tempat ketangkasan lainnya. Jadi, bisa beristirahat sambil berekreasi ya? (aan)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image