Mengenal PTE yang Digunakan Jika Ingin ke Inggris

Tips  

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai PTE Academic, kali ini kita akan mengulik tentang tes PTE khusus untuk mengajukan visa ke Inggris baik untuk bekerja, belajar, bahkan tinggal ataupun menjadi warga negara Inggris. Tes PTE yang dapat digunakan untuk mengajukan visa ke Inggris yaitu PTE Academic UKVI dan PTE Home. Seperti apa perbedaanya? Berikut pembahasannya.

PTE Academic UKVI

Tes ini ditujukan bagi Anda yang ingin mengajukan visa ke Inggris, baik bekerja ataupun belajar. tes Secure English Language Test (SELT) ini disetujui oleh Kantor Pusat atau Home Base yang memerlukan empat macam ketrampilan bahasa yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Dengan demikian, tes ini tidak jauh berbeda dari PTE Academic.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

PTE Home

PTE Home merupakan tes Bahasa Inggris yang ditujukan bagi keluarga dan visa menetap di Inggris. Bila Anda ingin menjadi warga negara Inggris diperlukan juga tes ini. Ada tiga jenis tes PTE Home yaitu PTE Home A1, PTE Home A2, dan PTE Home B1.

foto : dok. republika.co.id

1. PTE Home A1

PTE Home A1 mengukur ketrampilan speaking dan listening pada level CEFR atau Common European Framework of Reference for Languange A1. Anda akan menerima hasil “pass” atau “fail”.

PTE Home A1 ini dapat digunakan untuk mengajukan visa pasangan, orang tua dari tanggungan visa, visa perwakilan bisnis luar negeri, serta visa olahragawan Tingkat 2.

Untuk mengikuti ujian ini, Anda harus menuju pusat tes Pearson dan memesan jadwal tes. Tes ini menggunakan komputer lengkap dengan sebuah headset untuk membaca dan mendengarkan pertanyaan. Anda juga diminta untuk memberikan jawaban lisan dari 32 pertanyaan hingga 22 menit.

Pada pertanyaan Repeat Sentence, Anda diminta menjawab 22 pertanyaan. Pada Describe Image, terdapat lima pertanyaan yang harus dijawab. Sedangkan, pada Conversation: Listen and Answer, terdapat lima pertanyaan.

2. PTE Home A2

Tes ini dapat digunakan bila Anda ingin memperpanjang visa pasangan atau orang tua tanggungan setelah 2,5 tahun berada di Inggris. Adapun level CEFR yang diperlukan setara A2. Terdapat 30-33 soal yang harus dijawab dalam waktu 25 menit.

Jenis pertanyaannya ada tiga yaitu repeat sentence yang mengharuskan Anda menjawab pertanyaan sebanyak 22-23 pertanyaan. Pada sesi describe image, terdapat 4-5 pertanyaan. Terakhir retell story yang pertanyaannya berjumlah 4-5 soal.

3. PTE Home B1

Tes PTE Home B1 ini merupakan tes yang diterima oleh agensi pemerintah UK Visa dan imigrasi dan digunakan untuk menetap dan mengajukan kewarganegaraan Inggris.

Tes PTE Home B1 terdiri dari empat sesi yaitu repeat sentence, sebanyak 17 pertanyaan. Lalu describe image, terdapat 17 pertanyaan yang harus dijawab dan Retell story, sebanyak 4-5 pertanyaan. Sedangkan untuk jenis story: listen and answer juga terdapat 4-5 pertanyaan.

Jadi kesimpulannya, PTE Academic UKVI dan PTE Home hanya dapat digunakan jika Anda ingin mengajukan visa ke Inggris. Berbeda dengan PTE Academic yang penggunaannya lebih luas serta diterima di seluruh dunia. Dengan adanya kedua jenis tes PTE untuk mengajukan visa ke Inggris, Anda dapat menyesuaikan tes ini dengan visa yang diperlukan. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image