Berpetualang ke Kawah Domas Tangkuban Parahu

Melancong  

Salah satu gunung yang bisa dengan mudah didaki adalah Gunung Tangkuban Parahu. Gunung yang berkaitan dengan legenda Sangkuriang ini memang salah satu tempat wisata alam yang menarik dan selalu memikat untuk dikunjungi. Selain karena pemandangan kawahnya yang indah dan bisa langsung dilihat dari jarak dekat, hawa pegunungan yang sejuk juga membuat kita betah berlama-lama menikmati udaranya.

pemandu wisata menjelaskan salah satu jenis tanaman (foto : dokpri)

Tangkuban Parahu merupakan salah satu gunung berapi yang berada di Lembang atau kurang lebih 30 km sebelah utara kota Bandung dengan ketinggian 2.084 meter dari atas permukaan laut. Begitu populernya gunung ini sehingga seringkali dijadikan objek tujuan wisata oleh pengunjung tak hanya dari luar Bandung tetapi juga dari dalam Kota Bandung. Dengan sejumlah uang untuk tiket masuk, kita bisa menikmati pemandangan alam yang indah.

Sebagian orang yang berkunjung ke Tangkuban Parahu biasanya hanya berhenti sampai di puncak gunung ini dengan melihat Kawah Ratu. Lokasinya memang paling mudah dicapai. Jika kita datang menggunakan kendaraan roda empat atau minibus maka kendaraan kita bisa parkir persis di samping kawah. Namun jika kita menggunakan bis maka kita harus parkir di kawasan parkir yang tersedia di bawah. Untuk naik ke puncak gunung, kita bisa menggunakan kendaraan khusus yang disediakan oleh pengelola tempat wisata tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nah, tahukah sobat Calakan bahwa di Tangkuban Parahu ini ada kawah lain yang bisa kita datangi dengan berjalan kaki dari lokasi Kawah Ratu? Namanya Kawah Domas. Jika kita suka berpetualang maka mengunjungi kawah Domas ini akan menjadi pengalaman yang seru. Ada dua cara untuk mencapai kawah tersebut. Pertama, melalui jalan setapak yang terus menurun dari puncak gunungnya. Jaraknya sekitar 1,4 km. Cara kedua, kita melalui jalan yang lebih datar sepanjang 500 meter tetapi lokasi awalnya adalah sebelum Kawah Ratu.

Di Kawah Domas, kita bisa merendam kaki kita di air hangat yang mengandung belerang. Konon banyak khasiat merendam kaki di air belerang ini. Jika mau, kita juga bisa merasakan sensasi merebus telur dalam air panas yang ada di antara bebatuan di kawah tersebut. Pemandangan di sini juga indah sehingga kita bisa berswafoto dengan beragam latar belakang.

Selama melakukan perjalanan menuju Kawah Domas ini, sebaiknya kita bisa membawa sebotol air untuk minum dalam perjalanan. Namun tak perlu membawa terlalu banyak bekal sebab setibanya di kawasan Kawah Domas, ada warung yang menyediakan beragam makanan. Mulai dari mie rebus instan yang memang sangat cocok dinikmati pada udara dingin, hingga telur yang ingin kita rebus di kawah tersebut. Ada juga beberapa makanan ringan dan makanan berat. Pastikan kita membawa cukup uang tunai sebab tak bisa menggunakan debit atau sejenisnya. Akan lebih baik lagi jika uang yang kita bawa adalah uang receh, bukan uang bernominal besar.

Kalau kita tak yakin dengan jalan yang akan kita lalui menuju Kawah Domas, kita bisa menggunakan jasa pemandu wisata. Datangi saja kantor pengelola Tangkuban Parahu yang letaknya tak jauh dari tempat parkir di Kawah Ratu lalu kita bisa menanyakan tarif untuk pemandu wisata yang harganya bervariasi tergantung jumlah rombongan. Selain memandu perjalanan, pemandu wisata ini juga akan mengisahkan banyak hal terkait tanaman di kawasan tersebut serta legenda dan berbagai cerita yang menarik untuk diketahui.

Kalau ingin berkunjung ke Kawah Domas, pastikan waktu yang Sobat miliki cukup banyak untuk berkunjung karena untuk pulang-pergi dari Kawah Ratu serta menikmati suasana di kawah Domas diperlukan sekitar 2-3 jam waktunya. Kenakan sepatu yang nyaman supaya tidak merepotkan saat kita berjalan kaki. Nah, kapan mau berpetualang ke kawah Domas? (aan)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image