Dibuka, Pendaftaran Beasiswa di Taiwan dari S1 hingga S3

Umum  

Pemerintah Taiwan membuka pendaftaran beasiswa bagi mahasiswa S1 hingga S3 dari 1 Februari hingga 31 Maret 2023. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa internasional. Adapun durasi pendidikan di Taiwan bagi S1 dan S3 maksimal empat tahun, sedangkan jenjang S2 maksimal dua tahun.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Di Indonesia, program ini dilaksanakan oleh Divisi Pendidikan, Taipei Economic and Trade Office (TETO). Berikut penjelasannya.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Merupakan mahasiswa asing.

2. Wajib mendaftar untuk jenjang pendidikan berikutnya, bila Anda pernah belajar di Taiwan sebelumnya.

3. Tidak mengikuti program pertukaran pelajar atau double degree saat belajar di Taiwan.

4. Tidak pernah menerima beasiswa dari Pemerintah Taiwan lebih dari 5 tahun.

5. Tidak pernah membatalkan atau dibatalkan dalam program beasiswa MoE Taiwan Scholarship atau tidak pernah membatalkan atau dibatalkan dalam program HES (Huayu Enrichment Scholarship).

6. Tidak menerima beasiwa lainnya dari Pemerintah Taiwan atau beasiswa kampus saat belajar di Taiwan dalam periode yang sama.

Syarat dokumen

Berikut adalah dokumen yang harus disiapkan untuk mendaftar Beasiswa Taiwan 2023:

1. Formulir pendaftaran Beasiswa Taiwan

2. Fotokopi paspor dan kartu keluarga

3. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir

4. Fotokopi atau scan bukti pendaftaran universitas

5. Dua surat rekomendasi

6. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa:

a. Test of Chinese as a Foreign Language (TOCFL) Level B1 untuk program studi yang tidak diajarkan dalam Bahasa Inggris.

b. TOEFL atau sertifikat bahasa Inggris lain yang diakui oleh internasional. Untuk program studi yang diajarkan dalam Bahasa Inggris.

Fotokopi ijazah dan transkrip nilai wajib diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau Mandarin. Serta dilegalisir hingga tahap TETO (Taipei Economic and Trade Office).

Proses pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, Anda harus mengisi form online https://forms.gle/Rq89QEUS5amjZLt47 dan mengirim semua berkas persyaratan ke kantor TETO dengan alamat:

Kantor Taipei Economic and Trade Office

Gedung Artha Graha lantai 17, Jl. Jend. Sudirman kav 52-53, Jakarta Selatan 12190

Di depan amplop wajib ditulis “Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship”.

Pengisian form online dan pengiriman berkas pendaftaran wajib dilakukan agar dipertimbangkan untuk mendapat beasiswa. Jika salah satunya tidak dilakukan, maka akan dinyatakan gugur.

Manfaat

Kandidat yang lolos seleksi basiswa Taiwan Scholarship akan mendapat tunjangan hidup, biaya kuliah dan biaya akademik lainnya. Tunjangan hidup untuk mahasiswa S1 diberikan sebesar NT$ 15 ribu per bulan. Sedangkan, tunjangan hidup untuk mahasiswa S2 diberikan sebesar NT$ 20 ribu per bulan.

Sementara itu, untuk biaya kuliah dan biaya akademik lainnya, Pemerintah Taiwan memberikan bantuan maksimal hingga NT$ 40 ribu per semester bagi setiap mahasiswa. Biaya yang melebihi NT$ 40 ribu per semester, ditanggung sendiri oleh mahasiwa.

Sedangkan biaya-biaya seperti biaya administrasi, biaya pembimbing skripsi/tesis/disertasi, premi asuransi, biaya akomodasi, biaya internet, dan biaya lainnya tidak ditanggung oleh pemerintah. Artinya menjadi tanggungan mahasiswa internasional yang belajar di Taiwan.

Bila Anda membutuhkan informasi mendalam seputar beasiswa di Taiwan, silakan kunjungi studiditaiwan.blogspot.com. (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image