Berminat Daftar Magang di European Commission? Sekarang Waktunya!

Umum  

Saat ini European Commission sedang membuka lamaran bagi mereka yang ingin magang baik dari kalangan mahasiswa ataupun profesional. Adapun jenis magang yang saat ini dibuka yaitu Administrative Traineeship dan Translation Traineeship. Peserta magang nantinya akan melakukan magang selama lima bulan yang kebanyakan berlokasi di Brussel, Belgia. Tak menutup kemungkinan, magang akan dilakukan di Luxembourg atau negara Uni Eropa (EU) lainnya.

foto : dok. republika.co.id

Magang ini terbuka luas bagi seluruh warga negara EU, tanpa memandang usia. Tapi, jumlah peserta terbatas bagi warga negara non-EU.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Telah menyelesaikan gelar pendidikan tinggi tiga (3) tahun (tingkat EQF 6 minimum).

2. Tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya dalam bentuk apa pun lebih dari enam (6) minggu di lembaga, badan atau agensi, delegasi UE mana pun dengan Anggota Parlemen Eropa (MEP), atau Advokat Jenderal di Pengadilan Kehakiman Uni Eropa (EUCJ)

3. Memiliki pengetahuan bahasa yang sangat baik. Anda harus memiliki pengetahuan yang sangat baik tentang dua bahasa resmi UE, salah satunya harus bahasa kerja: Inggris, Prancis, atau Jerman.

Kemampuan Bahasa asing bagi peserta pelatihan di bidang administrasi dan penerjemahan memiliki level Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) yang berbeda. Silakan cek website resmi untuk mengetahui secara detail.

Syarat dokumen

1. Salinan paspor atau kartu identitas yang masih berlaku

2. Salinan ijazah

3. Salinan sertifikat/surat izin

4. Salinan bukti pengalaman kerja yang dinyatakan di negara asal

5. Salinan bukti pengalaman internasional yang ditunjukkan dalam formulir aplikasi (jika ada)

6. Salinan bukti kemampuan bahasa dinyatakan dalam formulir lamaran.

Proses pendaftaran

Proses pendaftaran terdiri dari tiga langkah, yaitu:

1. Buat akun UE atau masuk dengan akun yang sudah ada.

2. Lengkapi dan kirimkan formulir lamaran bersama dengan dokumen pendukung.

3. Jika berhasil, Anda akan diundang untuk memeriksa lowongan yang dipublikasikan di portal VBB dan melamar posisi magang yang dipilih.

Lamaran magang dibuka sebanyak dua kali dalam setahun. Lamaran magang tahun ini dibuka pada Januari. Bagi peserta yang lolos, magang akan dimulai pada bulan Oktober.

Jika Anda terpilih, Anda memiliki hak untuk menerima atau menolak tawaran tersebut. Jika Anda menolak tawaran tersebut, maka Anda tidak akan mendapat tawaran berikutnya pada sesi itu.

Manfaat

Berikut manfaat yang diperoleh peserta magang seperti:

1. Tunjangan sebesar 1.300 Euro perbulan.

2. Biaya visa

3. Biaya kesehatan (asuransi)

Tunjangan dibayarkan setiap akhir bulan. Namun, tunjangan pertama akan dibayarkan hanya setelah empat (4) minggu efektif magang dan dikondisikan dengan menyiapkan semua dokumen keuangan yang diperlukan tepat waktu.

Bagi peserta pelatihan yang ditempatkan di Belgia, harus menyatakan hibah kepada otoritas fiskal Belgia yang akan memutuskan pajak yang harus dibayar. Jika Sobat Calakan berminat, silakan kunjungi website resmi Uni Eropa (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

UNESCO Buka Program Magang bagi Mahasiswa dan Lulusan Baru

Image

Masih Dibuka Pendaftaran Magang OECD di Paris

Image

Jangan Lewatkan, Kesempatan Magang di Kantor WHO

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image