Segera Dibuka, Honjo International Scholarship untuk S2 dan S3

Umum  

Jika Sobat Calakan ingin melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Negeri Sakura, cobalah peluang beasiswa Honjo International Scholarship. Beasiswa ini cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan Bahasa Jepang dengan baik. Pasalnya, nantinya proses wawancara tidak menggunakan Bahasa Ingggris melainkan Bahasa Jepang.

foto : dok. republika.co.id

Penerimaan beasiswa Musim Semi 2023 sudah ditutup pada 31 Oktober 2022 tetapi Anda dapat mencoba penerimaan beasiswa Musim Gugur 2023 yang akan dibuka pada 1 April 2023. Pastikan Anda siapkan semua persyaratan dengan baik karena hanya tersedia kuota yang terbatas. Berikut ini adalah persyaratan yang harus disiapkan.

Persyaratan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Tidak memegang kewarganegaraan Jepang.

2. Mahasiswa yang mendaftar di sekolah pascasarjana profesional tidak memenuhi syarat untuk mendaftar. Namun, mereka dapat mengajukan rencana penelitian untuk memenuhi syarat mendaftar.

3. Durasi pendaftaran hingga kelulusan harus lebih dari 12 bulan.

4. Mahasiswa yang mendaftar program PhD harus berusia 35 tahun saat perkuliahan dimulai. Mahasiswa yang mendaftar program PhD harus berusia 30 tahun saat perkuliahan dimulai (tidak ada pengecualian).

5. Mempunyai keinginan yang kuat untuk mengabdi di negara asal sebagai rencana karier di masa depan.

6. Memiliki pemahaman yang mendalam tentang persahabatan dan niat baik internasional, dan harus menghadiri acara yang diselenggarakan oleh yayasan serta berpartisipasi dalam jaringan sebagai anggota alumni.

7. Mampu melakukan percakapan sehari-hari dalam Bahasa Jepang. Wawancara akan dilakukan dalam Bahasa Jepang (tidak ada pengecualian).

Syarat dokumen

1. Transkrip nilai

2. Proposal penelitian

3. Surat rekomendasi

4. Surat penerimaan

Transkrip akademik dapat diterjemahkan dalam Bahasa Inggris atau Jepang. Sedangkan proposal penelitian wajib ditulis dalam Bahasa Jepang.

Proses pendaftaran

Kandidat wajib melakukan pendaftaran melalui portal “Online application system”. Pihak Honjo International Scholarship Foundation tidak akan menerima kandidat yang melamar melalui pengiriman pos. Untuk melakukan pendaftaran, klik link https://entry.hisf.or.jp.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kandidat akan menerima nomor pendaftaran. Jadi pastikan kandidat menyimpan nomor tersebut dengan baik.

Jika ada perubahan data, kandidat dapat mengubah data sebelum batas akhir pendaftaran. Karena itu, kandidat harus teliti dalam memasukkan data di “Online application system”.

Proses seleksi

Proses seleksi terdiri dari dua tahap yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara. Perlu diketahui, bahwa seleksi wawancara akan dilakukan di Tokyo atau melalui panggilan video (video call).

Jangka waktu dan jumlah beasiswa

Beasiswa diberikan setiap bulannya dengan periode minimum untuk memperoleh gelar dan jumlahnya tergantung pada periode perkuliahan. Berikut rinciannya:

1. Gelar 1-2 tahun: 200.000 Yen Jepang per bulan

2. Gelar 3 tahun: 200.000 Yen Jepang per bulan

3. Gelar 4-5 tahun: 150.000 Yen Jepang per bulan

Penghentian beasiswa

Beasiswa dapat dihentikan dengan alasan sebagai berikut:

1. Kesulitan untuk melanjutkan kuliah atau penelitian karena sakit atau sebab lain.

2. Pengawas menilai bahwa mahasiswa tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan studi atau melakukan penelitian.

3. Gagal meraih prestasi akademik atau ditemukan adanya perilaku buruk.

4. Ditemukannya pertanyaan atau dokumen palsu pada saat melakukan pendaftaran.

5. Tindakan buruk cukup melukai kehormatan Yayasan.

Meski pendaftaran akan dibuka pada April nanti, jika Sobat berminat, persiapkan semua persyaratan dari sekarang. Yang juga penting adalah cek perkembangan informasi melalui website resmi (Lutfie Fahrizal R)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image