Ssttt Ini Tips Membuat CV untuk Beasiswa

Tips  

Siapa bilang curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup hanya digunakan dalam melamar pekerjaan? Ternyata, CV juga menjadi salah satu syarat administrasi penentu untuk melamar beasiswa. Meskipun, tidak semua lembaga pemberi beasiswa mengharuskan untuk menyertakan CV yang lengkap.

ilustrasi : dok. republika.co.id

Dalam beasiswa, selain digunakan untuk mengetahui identitas sang pelamar, CV juga dijadikan standar penilaian, seberapa pantas seseorang menerima beasiswa. Di bawah ini ada beberapa poin penting yang dapat sobat Calakan cantumkan pada CV untuk melamar beasiswa.

1. Cantumkan informasi kontak

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam CV, Anda wajib mencantumkan informasi kontak mulai dari nama, nomor telepon, email, alamat tinggal, bahkan Linkedin (jika Anda punya).

Informasi kontak dalam CV akan memudahkan panitia seleksi untuk menghubungi Anda sewaktu-waktu. Jangan lupa, pantau informasi kontak secara teratur dan bila ada perubahan kontak diri kita (alamat email atau nomor telepon yang berubah), segera lakukan perubahan sebelum mengunggah atau mengirim CV.

2. Objective resume

Yang dimaksud dengan objective resume adalah perkenalan singkat pada CV yang juga berisikan tentang tujuan yang ingin dicapai. Dalam CV untuk keperluan mengajukan beasiswa, objective resume sangatlah penting. Hal ini dikarenakan dengan mencantumkan objective resume yang bagus dan meyakinkan, panitia seleksi akan melirik CV Anda.

Supaya tidak bingung dalam membuat objective resume, Anda perlu memasukkan latar belakang dan catatan akademik, kegiatan ekstrakurikuler, tujuan karier, dan (yang paling penting) bagaimana hal itu sejalan dengan alasan Anda untuk mengejar pendidikan tambahan.

3. Pengalaman akademik

Pengalaman akademik merupakan hal yang paling penting saat hendak melamar beasiswa. Tujuannya, agar panitia seleksi mengetahui secara detail dan mendalam tentang karier akademik. Hal ini menjadi alasan kuat Anda layak mendapatkan beasiswa.

Beberapa informasi akademik yang dapat Anda masukkan adalah nama lembaga, program studi atau jurusan, konsentrasi atau spesialisasi (jika ada), tanggal kelulusan, IPK, serta kegiatan ekstrakurikuler.

Selain itu, Anda perlu menonjolkan keberhasilan di bidang akademik dan alasan ingin mengejar pendidikan yang lebih tinggi dalam akademik.

4. Pengalaman kerja

Dengan memiliki pengalaman kerja, Anda akan dinilai orang yang aktif di dalam dan di luar kelas. Itulah sebabnya, Anda perlu memasukkan pengalaman kerja meski hanya kerja paruh waktu.

Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, tak perlu khawatir. Pengalaman ini tidak hanya dibatasi dengan hanya aktivitas yang menghasilkan pemasukan. Anda dapat memasukkan kegiatan volunteer atau relawan, magang, atau kegiatan klub.

5. Penghargaan

Jika Anda meraih penghargaan selama jenjang pendidikan sebelumnya, maka hal itu perlu dicantumkan dalam CV. Pasalnya,, penghargaan yang dicantumkan dalam CV menjadi bukti bahwa Anda memiliki pencapaian dalam pendidikan di mata panitia seleksi.

Setidaknya, ada tujuh hal yang dapat Anda masukkan dalam CV mulai dari beasiswa (sebelumnya diberikan), penghargaan akademik, publikasi di jurnal mahasiswa, penghargaan non-akademik, penghargaan relawan, keanggotaan masyarakat akademik/ profesional.

6. Keterampilan

Anda dapat mencantumkan keahlian yang berhubungan dengan karier di masa depan. Biasanya ketrampilan teknis, penguasaan software, serta penguasaan bahasa asing. Selain itu, tak lupa cantumkan juga soft skills seperti leadership atau problem solving.

Dalam mendesain CV, Anda juga dapat menggunakan template yang sudah banyak tersebar di internet. Akan tetapi, Anda perlu melakukan penyesuaian saat membuat CV. Yang paling penting dari semua itu, CV harus ditulis dengan jelas dan mudah dipahami. Selamat membuat CV ya (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Dibuka, Pendaftaran Beasiswa di Taiwan dari S1 hingga S3

Image

Beasiswa Penuh S2 dan S3 untuk Para Disabilitas

Image

Beasiswa LPDP Bagi Pengusaha atau Calon Pengusaha

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image