Uang Beredar yang Warnai Piala Dunia 2022

Serba Serbi  

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar sudah tercatat sebagai Piala Dunia paling mahal sejauh ini. Tidak hanya persoalan budget pembangunan yang bisa dibongkar dari Piala Dunia 2022 ini. Uang-uang yang beredar di dalamnya pun menjadi catatan fantastis tersendiri.

foto : dok. republika.co.id

Total Hadiah

Total hadiah uang untuk Piala Dunia 2022 diperkirakan mencapai 440 juta USD. Nominal tersebut naik 40 juta, setelah pada tahun 2018 menghabiskan 400 juta USD yang didistribusikan kepada tim pemenang. Sebagai pembanding, Piala Dunia Wanita tahun 2019 menghabiskan total hadiah 30 juta USD.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Nominal Hadiah untuk Juara Dunia

Dari total 440 juta USD, tim yang berhasil keluar sebagai juara Piala Dunai 2022 akan mendapatkan hadiah uang sebesar 42 juta USD. FIFA membebaskan setiap tim untuk mengatur pembagian jatah untuk pemain.

Tunjangan Klub

FIFA menyisihkan 209 juta USD untuk dibagikan kepada klub-klub karena sudah mengembangkan pemain muda yang bermain untuk tim nasional mereka di ajang dunia ini. Jumlah tersebut naik sebanyak tiga kali lipat sejak Piala Dunia 2014 di Brazil.

Total Pengeluaran FIFA

Untuk memastikan kelancaran perhelatan Piala Dunia, FIFA mengeluarkan total 1,7 miliar USD yang digunakan untuk pembayaran uang hadiah dan biaya operasional seperti pelayanan serta logistik.

Pendapatan FIFA

FIFA mengantongi perkiraan pendapatan sebesar 4,7 miliar USD yang berasal dari royalti hak siar televisi (2,64 miliar USD), iklan (1,35 miliar USD), dan penjualan tiket yang diperkirakan mencapai 500 juta USD.

David Beckham

Qatar menunjuk David Beckham sebagai brand ambassador untuk Piala Dunai 2022. Bayaran yang diterima mantan pemain Manchester United tersebut mencapai 277 juta USD yang akan dibayarkan dengan cicilan selama 10 tahun.

Uang Panas

American Gaming Associaton memperkirakan 20 juta orang Amerika akan mempertaruhkan uangnya dalam turnamen Piala Dunia 2022. Jumlah uang yang akan dipertaruhkan diperkirakan mencapai 1,8 juta USD.

Piala Dunai 2022 Qatar ini memang diperkirakan akan menjadi perhelatan olahraga paling fenomenal sepanjang sejarah. Jumlah uang yang beredar pun, kemungkinan masih bisa bertambah lagi dari daftar tersebut di atas. Sungguh fantastis! (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Mengenal Argentina di Luar Sepak Bola

Image

8 Perhelatan Piala Dunia Paling Mahal Sepanjang Sejarah

Image

7 Negara dengan Fans Sepak Bola Paling Fanatik

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image