Mengenal 7 Jenis Soto di Indonesia

Kuliner  

Selain terkenal dengan nasi goreng dan sate, Indonesia memiliki berbagai jenis soto yang berbeda di setiap wilayah. Mulai dari bahan dasar, kuah, hingga penyajiannya. Meskipun soto awalnya bukan dari Indonesia, tapi karena melalui proses penyesuaian bahan maka soto pun kini cocok di lidah orang Indonesia. Apa saja ragam jenis soto dari berbagai daerah? Mari simak pembahasannya berikut ini.

foto : dok. republika.co.id

1. Soto Makassar

Soto Makassar biasa disebut dengan coto Makassar atau coto Mangkasara ini sudah menyebar hampir ke seluruh Indonesia. Soto Makassar ini menggunakan daging sapi, jeroan, dan sekitar 40 macam rempah. Selain itu, kuah soto ini terbuat dari air cucian beras dan kacang tanah yang telah digerus hingga halus sehingga menghasilkan tekstur kuah yang gurih dan kental. Soto Makassar ini cocok dimakan bersama buras atau lontong Makassar.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja yang dikenal dengan sebutan sroto Sokaraja merupakan soto khas Purwokerto, tepatnya di Kecamatan Sokaraja. Soto ini menggunakan daging ayam atau sapi. Selain itu, soto Sokaraja disajikan dengan ketupat dan kerupuk cantir yang berwarna merah dan putih. Kerupuk ini terbuat dari ketela pohon. Uniknya, soto Sokaraja disajikan dengan bumbu kacang. Rasa bumbu kacang ini bisa pedas atau tidak pedas, tergantung dari penjual soto.

3. Soto Sadang

Selain terkenal dengan sate maranggi, di Purwakarta juga terdapat soto sadang. Dinamakan soto sadang karena soto ini awalnya dijual di Jalan Raya Sadang. Sementara itu, kuah dari soto ini aslinya bening. Saat ini, terdapat varian soto sadang yang menggunakan santan akan tetapi warna kuningnya tidaklah pekat. Warna kuahnya cenderung kuning pucat. Secara umum, baik soto sadang kuah bening dan santan berisi suwiran ayam yang telah digoreng, ditabur dengan bawang goreng dan bawang iris, serta ditambah dengan emping. Adapun bahan pelengkapnya yaitu menggunakan acar dan jeruk limau.

4. Soto Betawi

Jakarta tak hanya terkenal dengan kerak telor, ketoprak, es selendang mayang, dan bir pletok. Ada juga Soto Betawi yang menggunakan daging sapi dan juga berbagai organ hewan seperti mata, hati, dan juga torpedo. Yang membuat soto ini unik adalah kuahnya yang terbuat dari campuran susu dan santan.

5. Soto Lamongan

Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Soto Lamongan ini juga telah menyebar ke berbagai wilayah sehingga sobat Calakan tak perlu jauh-jauh ke Lamongan hanya untuk mencicip soto yang satu ini. Isian dari soto Lamongan ini terdiri dari suwiran ayam kampung, kol, soun, dan telur ayam rebus. Soto ini berbeda dengan soto lainnya yaitu menggunakan taburan koya udang yang menambah cita rasa gurih. Soto Lamongan sering disajikan dengan nasi hangat.

6. Soto Banjar

Di Pulau Kalimantan ternyata ada juga soto yaitu soto Banjar. Soto Banjar ini merupakan makanan khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini disajikan dengan suwiran ayam lengkap dengan kentang rebus, telur rebus, perkedel, dan potongan wortel. Seperti juga soto ayam lainnya, soto Banjar menggunakan merica, bawang merah, dan bawang putih, tapi tidak menggunakan kunyit. Selain itu, keunikan soto Banjar ada pada kuahnya yang dicampur dengan sedikit susu, sehingga warna kuahnya agak sedikit keruh. Berbeda dengan soto lainnya, soto Banjar dihidangkan dengan lontong atau ketupat.

7. Soto Padang

Selain terkenal dengan rendangnya, di Sumatera Barat khususnya ada hidangan soto yaitu soto Padang. Kuah soto Padang ini berasal dari kaldu sapi dan terdapat sekitar 16 macam bumbu. Soto ini juga tidak menggunakan santan, namun kuahnya memiliki rasa sedikit agak pedas. Sementara itu, untuk sajian soto Padang terdiri dari irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, bawang goreng, dan perkedel kentang sebagai pelengkap.

Masih banyak jenis soto selain yang disebutkan di atas di negeri kita ini. Setiap daerah tentunya mempunyai nama dan ciri khasnya masing-masing. Selain segar soto juga menyehatkan. Nah, sobat Calakan suka jenis soto apa? (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Tujuh Jenis Sate di Indonesia

Image

Hal Menarik tentang Rendang yang Jarang Diketahui

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image