6 Tips Sebelum Mulai Kuliah S1

Tips  

Meskipun ada sebagian penilaian yang berbeda untuk kuliah di perguruan tinggi (PT) tetapi melanjutkan pendidikan setelah menyelesaikan studi di bangku seolah menengah masih menjadi pilihan bagian sebagian besar orang Indonesia. Karena itu, sebelum melanjutkan kuliah, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal yang akan penting di kemudian. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempertimbangkan hal tersebut.

ilustrasi : dok. republika.co.id

1. Pilihlah program studi yang diminati

Banyak siswa kelas 12 yang mengikuti SNMPTN hanya karena ingin berkumpul bersama saat kuliah. Kalau program studi atau prodi yang dipilih sesuai dengan minat, tidak jadi masalah. Kalau tidak? Teman berkumpul kita tidak bisa berbuat banyak saat kita merasa salah jurusan nantinya. Jika sobat Calakan kemudian ingin pindah ke prodi lain, ada biaya yang harus dikeluarkan dan jumlahnya tidak sedikit. Jadi, pilihlah prodi yang sesuai dengan minat kita. Jangan hanya karena ingin ngumpul bareng teman-teman SMA, kita sampai salah jurusan. Toh, nantinya kita akan mendapat teman baru.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Konsultasikan dengan orang tua

Yang tak kalah penting adalah berkonsultasi dengan orang tua. Tak ada salahnya jika sobat Calakan berkonsultasi dengan orang tua sebab, merekalah yang nantinya membiayai kuliah kita. Tak hanya kuliah saja, biaya hidup setiap bulan di kost juga perlu dibicarakan jika kita ingin kuliah di luar kota.

Dengan konsultasi tersebut, kita dan orang tua akan sama-sama enak karena semua sudah dibicarakan sejak awal. Tidak ada yang mengganjal di hati, baik di hati kita maupun di benak orang tua.

3. Pikirkan bila ingin kuliah di luar kota

Salah satu manfaat positif yang kita dapatkan jika kuliah di luar kota adalah menjadi lebih mandiri. Namun, untuk ini perlu mempertimbangkan biaya hidup dan akomodasi. Jika orang tuamu mengizinkan kita kuliah di luar kota, maka manfaatkan kesempatan sebaik-baiknya. Sebaliknya, jika pada akhirnya tidak diizinkan, maka kita harus ikhlas dengan keputusan orang tua. Kelak kita akan tahu hikmah di balik semua itu.

4. Kenali jenis kampus

Di Indonesia terdapat berbagai jenis kampus seperti universitas, institut, sekolah tinggi, sekolah vokasi, politeknik, dan akademi. Masing-masing jenis kampus memiliki perbedaan. Selain itu ada juga perbedaan dari sifat kampusnya yaitu Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Untuk lebih jelas mengenai jenis-jenis kampus, sobat isa mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet.

5. Memilih kampus

Di Indonesia, umumnya PTN atau PTK masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa karena dari sisi biaya PTS bisa lebih mahal. Anggapan itu tidak sepenuhnya keliru karena kuliah di PTN lebih murah dengan adanya subsidi pemerintah. Sementara biaya kuliah di PTK umumnya gratis. Pertimbangan itu yang harus sobat Calakan pikirkan matang-matang.

Selain itu, akreditasi kampus juga menjadi pertimbangan. Akreditasi kampus dapat menunjukkan kualitas kampus dan kehidupan akademik di kampus. Selain itu, mahasiswa akan mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Karena kuliah di kampus dengan akreditasi A akan menuntut kalian belajar lebih banyak.

6. Berpikir realistis

Tips terakhir yaitu berpikir realistis. Terkadang keinginan kita untuk kuliah di kampus A gagal diwujudkan. Akhirnya kita harus kuliah di kampus B. Begitu pula dengan keinginan kita dalam mengambil prodi. Solusinya, kita harus mempunyai pilihan yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Bersyukurlah kalau sobat bisa kuliah di kampus dan prodi impian. Yang harus sobat lakukan selanjutnya adalah belajar sungguh-sungguh dan manfaatkan waktu dengan baik selama kuliah. Sebaliknya jika ternyata tidak bisa kuliah di kampus impian, tetap bersyukur karena kita masih mendapat kesempatan untuk kuliah. Mungkin, saat kita kuliah belum merasakan hikmah dari kegagalan untuk kuliah di kampus atau prodi impian, tapi bisa jadi hikmahnya kita rasakan setelah lulus kuliah. (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Kuliah S1 dan S2 di UK? Ada Think Big Scholarship

Image

Sedang Dibuka Program Magang di Swiss untuk Mahasiswa S1 dan S2

Image

Ada Lho Beasiswa Untuk Atlet di University of East London

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image