Apa Saja Universitas Paling Tua di Dunia?

Umum  

Sejak berabad-abad, pendidikan sudah menjadi “barang” penting. Bahkan sebelum René Descartes mencetuskan Cogito, ergo sum yang artinya “Aku berpikir, maka aku ada”, pendidikan sudah menjadi konsumsi meski hanya pada kalangan terbatas.

foto : dok. republika.co.id

Institusi formal pendidikan tinggi seperti universitas diketahui mulai terbentuk di Eropa sekitar abad pertengahan tapi di beberapa wilayah Afrika dan Asia sudah berdiri lembaga pendidikan tinggi jauh sebelum Eropa memulainya. Mayoritas kemudian hilang digilas zaman, baik berhenti beroperasi atau dimodernisasi sehingga tidak lagi tampak jejak sejarahnya.

Namun perlu diketahui bahwa ada pula yang bertahan, berjalan seiring waktu berganti era, bahkan menjadi institusi prestisius yang kemudian dikunjungi banyak mahasiswa/mahasiswi dari berbagai belahan dunia. Berikut adalah lima universitas paling tua di dunia yang masih berdiri hingga saat ini.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Universitas Al-Qarawiyyin

UNESCO dan Guiness World of Record mencatat Universitas Al-Qarawiyyin atau Al-Karaouine di Maroko, Afrika Utara, sebagai universitas tertua dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Hal menarik lain dari Universitas Al-Qarawiyyin selain sebagai universitas tertua, kampus ini juga merupakan pusat pendidikan pertama di dunia yang didirikan oleh seorang perempuan sekaligus perempuan muslim, bernama Fatima Al-Fihri.

Kampus yang terletak di Kota Fez tersebut berdiri pertama kali pada tahun 859 sebagai pusat studi Islam atau disebut juga madrasah. Seiring bergulirnya waktu, ilmu-ilmu non-agama mulai dipelajari. Ilmu tata bahasa, retorika, matematika, astronomi, dan kedokteran secara bertahap dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran. Saat ini program studi yang dtawarkan jauh lebih beragam lagi, termasuk Teknik Informatika. Al-Qarawiyyin resmi masuk dalam sistem pendidikan tinggi Maroko pada tahun 1963.

2. Universitas Al-Azhar

Al-Azhar awalnya adalah sebuah madrasah tempat orang berbondong-bondong datang untuk memperluas dan memperdalam ilmu agama Islam. Institusi yang terletak di Kairo, Mesir, ini didirikan pada 970. Pemerintah Mesir meresmikannya sebagai unversitas pada 1961 setelah kampus ini terus beradaptasi dengan kurikulum modern dan menambah program studi sekuler. Al-Azhar tercatat masuk dalam peringkat 50 besar universitas terbaik di Regional Arab berdasarkan QS World Ranking. Program studi yang menjadi unggulannya tidak hanya bidang ilmu keagamaan, tapi juga ekonomi, sains, kedokteran, teknik, pertanian, dan bisnis.

3. Universitas Bologna

Kota Bologna, Italia, menjadi pijakan berdirinya universitas tertua di Eropa. Alma Mater Studiorum – Università di Bologna berdiri pada 1088 sekaligus menjadi institusi pertama yang memperkenalkan istilah “universitas” pada dunia. Universitas Bologna awalnya berfungsi sebagai kampusnya para calon pemuka agama Anglikan dan pusat studi ilmu perdata. Pada era modern, program studi umum mulai ditambahkan tapi hanya khusus untuk jenjang doktoral. Seiring bergulirnya waktu, program studi untuk jenjang sarjana dan magister pun akhirnya dibuka.

4. Universitas Oxford

Universitas Oxford atau University of Oxford merupakan salah satu universitas terbaik dunia yang bercokol di peringkat lima besar pada hampir semua sistem ranking. Universitas kebanggaan Inggris ini tidak memiliki catatan jelas mengenai pendiriannya, namun berdasarkan bukti sejarah yang ada, pembelajaran di kampus tersebut sudah berlangsung sejak 1096. Sepanjang sejarahnya, kampus ini sukses mencetak banyak orang berpengaruh, peraih nobel, hingga hasil penelitian yang banyak digunakan di era modern. Beberapa public figure Indonesia yang merupakan alumni universitas bergengsi tersebut, di antaranya Emil Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur), Billy Mambrasar (pendiri Yayasan Kitong Bisa), dan Maudy Ayunda (pekerja seni).

5. Universitas Salamanca

Universidad de Salamanca atau Universitas Salamanca berdiri pada 1134 di Kota Salamanca, Spanyol. Sama seperti Al-Qarawiyyin, Al-Azhar, dan Universitas Bologna, pada awal pendiriannya, Universitas Salamanca berfungsi sebagai pusat studi keagamaan. Meski beroperasi sebagai sekolah katedral, bangunan-bangunan di sekelilingnya difungsikan sebagai sekolah umum gratis untuk orang-orang kurang mampu. Saat ini bangunan-bangunan tersebut berdiri sebagai gedung-gedung fakultas. Universitas Salamanca juga memiliki pusat riset sains yang terafiliasi dengan lembaga penelitian dunia, seperti Cancer Research Centre.

Itulah universitas-universitas tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini. Sebagai penambah informasi, ada yang tahu universitas tertua di Indonesia? Ya, Universitas Indonesia (UI) yang diresmikan pemerintah Indonesia pada 1954, merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Nusantara. Pendiriannya dilakukan sekitar tahun 1849 oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai Sekolah Ilmu Kesehatan dan Vaksin (Opleiding van eleves voor de genees-en helkunde en vaccine) atau dikenal juga dengan nama Dokter-Djawa School Batavia. Selain UI, Universitas Airlangga Surabaya (UNAIR) juga diresmikan pemerintah Belanda pada 1849. (AR meinanda)

Berita Terkait

Image

Mau Kuliah S1 ke Inggris? Buruan Daftar!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image