5 Jurusan Menakutkan di Universitas Kelas Dunia

Umum  

Siapa bilang kalau kampus di luar negeri hanya menyajikan jurusan-jurusan teknik, bisnis, kedokteran, hukum, atau ekonomi? Justru kampus di luar negeri memiliki bidang-bidang ilmu yang lebih spesifik.Bahkan kalau sobat Calakan tertarik untuk mendalami ilmu seputar magisnya dunia lain dari segi akademik, ada nih lima jurusan yang barangkali cocok.

foto : dok.republika.co.id

1. Vampirology – Harvard University

Harvard University dengan program Expository Writing, mewadahi penelitian tentang berbagai mitos. Salah satunya adalah Vampirology, yang dalam program itu para mahasiswa akan menelusuri evolusi representasi vampir, menelaah sisi psikologis dan sosialnya, seperti ras, kelas, jenis kelamin, dan seksualitas. Semua akan didalami melalui berbagai naskah kuno, novel-novel klasik dan modern, hingga film ataupun musik. Selain Vampirology, Harvard juga memiliki jurusan kelas menulis yang mengupas tentang the underworld.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Zombie – John Hopkins University

John Hopkins University yang tersohor dengan bidang sains dan kedokterannya, ternyata menyediakan tempat untuk studi mengenai zombie. John Hopkins tidak akan membekali tentang cara bertahan hidup apabila terjadi zombie apocalypse. Mereka justru akan membimbing mahasiswanya untuk meneliti kenapa zombie begitu populer di dunia media modern. Jurusan ini akan menggali lebih dalam tentang evolusi zombie dari waktu ke waktu dan keterkaitan zombie dengan budaya perbudakkan.

3. Parapsychology – The University of Edinburgh

The University of Edinburgh, UK, melalui Koestler Parapsychology akan melakukan riset mendalam tentang banyak klaim paranormal. Mahasiswa akan diajak untuk menggali info tentang pengalaman mati suri, dihantui, kemampuan paranormal, sampai dengan latar belakang sejarahnya.

4. The Undead South: Horror & Haunting – Dartmouth College

Salah satu universitas riset ivy league di Amerika, Dartmouth College juga menyediakan ruang untuk penelitan mengenai dunia tak kasatmata. Melalui program The Undead South: Horror & Haunting, berbagai bentuk horor akan dieksplorasi dari segi ras, kultur, sejarah, ekonomi, sampai politik. Mahasiswa akan membuka penelitian melalui berbagai sumber literatur: buku, film, televisi, dan media lainnya. Kisah horror dan haunting yang akan diteliti mencakup bangkit dari kubur, tradisi berkabung dan pemakaman, glorifikasi kematian dari para orang-orang berpengaruh, dan lain sebagainya.

5. The Archeology of Death – University of Colorado Boulder

Kematian adalah fenomena universal. Sepanjang peradabannya manusia telah menjadi penyebab, bereaksi, dan melakukan beragam prosesi kematian dan menghadapi kedukaan. Rupanya praktik-praktik tersebut dapat membuka wawasan baru yang lebih mendalam tentang manusia dan kebudayaannya dari waktu ke waktu.

Masih banyak kampus kelas dunia lain yang memiliki jurusan unik dan menantang. Misalnya, seperti University of Oslo yang membuka program untuk meneliti tentang penyihir (Witchcraft and Magic). Adakah sobat Calakan yang tertarik untuk mempelajari salah satu jurusan di atas? (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image