Fakta Hamburger yang Jarang Diketahui

Kuliner  

Siapa yang tak tahu hamburger? Makanan khas barat berupa roti bulat dengan isian selada, daging, tomat, saus tomat, dan mayones ini mudah kita jumpai di restoran cepat saji. Kalau di Indonesia, hamburger atau burger bisa kita jumpai di mana saja bahkan pedagang kaki lima sekalipun.

foto : dok.republika.co.id

Ternyata hamburger punya sejarah dan fakta unik yang mungkin belum sobat Calakan tidak ketahui. Nah untuk itu, simak ulasan singkat berikut ini.

1. Berasal dari Jerman

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meskipun hamburger awalnya dikenalkan di AS, ternyata hamburger tersebut berasal dari Jerman. Kata hamburger ini diadopsi dari sebuah kota di Jerman yaitu Kota Hamburg. Awalnya orang Jerman tidak menyebut hamburger melainkan Hamburg steak. Makanan tersebut dibawa ke AS, saat mereka berimigrasi.

Faktanya, hamburger tidak mengandung daging ham atau babi. Bukan karena istilah ham dalam Bahasa Inggris berarti daging babi. Meskipun ada hamburger yang menggunakan daging ham sebagai isian. Secara harfiah hamburger merupakan makanan yang berasal dari Hamburg.

2. Pertama kali ditemukan di Amerika

Hamburger atau burger sendiri baru ditemukan di Amerika Serikat pada tahun 1900. Tepatnya di kota New Haven, Connecticut oleh Louis Lassen. Isian dari burger tersebut hanya berupa bawang bombay, tomat, dan taburan keju.

Pada tahun 1921, hamburger mulai dijual di restoran cepat saji dengan harga 5 cents. Tapi di tempat asalnya, tidak ada tambahan bumbu seperti saus tomat, mustard, ataupun mayonnaise.

3. Disebut sebagai liberty sandwich

Banyak yang tidak tahu kalau hamburger juga disebut sebagai liberty sandwich. Istilah tersebut diperkenalkan oleh tentara Amerika yang ikut dalam Perang Dunia 1. Penggunaan istilah liberty sandwich tersebut untuk menghilangkan unsur Jerman dalam penamaannya.

4. Sandwich yang dijual sebenarnya adalah hamburger

Meskipun sandwich merupakan makanan khas Inggris, tapi tahukah sobat kalau sandwich yang dijual di seluruh dunia 60 persennya merupakan hamburger. Faktanya, isian roti sandwich hampir mirip dengan hamburger. Meskipun, lapisan luar sandwich yang berupa roti tawar berbentuk persegi.

5. Terjual lebih dari 300 miliar

Hingga tahun 2021, hamburger sudah terjual hingga 300 miliar porsi. Faktanya, sebuah perusahaan restoran cepat saji menjual hamburger lebih dari 75 porsi setiap detiknya. Perusahaan manakah yang dimaksud? Ya, McDonald’s. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner cepat sajilah yang memegang rekor penjualan burger.

Di AS sendiri, hamburger dibagi menjadi dua yaitu beef burger dan cheese burger. Begitu pula di negera lain, misalnya di Indonesia. Di Indonesia terdapat burger tempe yang menggantikan isian daging dengan tempe. Ada juga burger batok yang dikukus dengan batok kelapa dan masih banyak lagi jenis hamburger dan burger yang menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Kalian suka burger jenis apa sobat? (Lutfie Fahrizal R)

Berita Terkait

Image

Beasiswa Penuh Dari DAAD Untuk Kuliah Di Asia Tenggara

Image

6 Hotel Unik di Dunia

Image

Memahami Kecintaan Orang Jerman Pada Roti Mereka

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image