Wujudkan Impian Kuliah di Prancis dengan Eiffel Excellence Scholarship 2023

Umum  

Pendidikan di Prancis sudah sejak lama menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Lulusan dari universitas-universitas di Prancis diakui secara global dan cukup kompetitif. Belum lagi kalau membuka lembar sejarah, negara yang terkenal dengan moto “Liberté, Egalité, Fraternité” tersebut melahirkan banyak intelektual dan pemikir besar yang sangat berpengaruh di dunia. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang ingin melanjutkan pendidikannya di sana.

foto : dok. republika.co.id

Selain memanjakan pelajar dengan kualitas pendidikan yang dimiliki, Pemerintah Prancis juga memberikan subsidi pendidikan hingga 90% yang dapat dinikmati oleh warga Prancis dan pelajar internasional jika berkuliah di universitas negeri Prancis. Sobat Calakan pun berkesempatan untuk melepas kepusingan atas urusan biaya hidup dsb karena ada peluang yang dinamakan Eiffel Excellence Scholarship Program.

Eiffel Excellence Scholarship Program merupakan beasiswa yang diberikan Kementrian Luar Negeri Prancis untuk pelajar asing yang ingin melanjutkan studi magister (S2) atau Doktor (S3) di kampus-kampus Perancis. Berdasarkan situs resmi Eiffel Excellence Scholarship Program, calon mahasiswa dapat mendaftar beasiswa melalui kampus tujuan. Dengan kata lain, Sobat tidak perlu mendaftar secara pribadi, tetapi jika sudah diterima di salah satu kampus Perancis maka bisa meminta pihak universitas untuk mendaftarkanmu sebagai calon penerima Eiffel Excellence Scholarship.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fasilitas dari beasiswa Eiffel Excellence ini antara lain tiket pesawat pulang dan pergi, transportasi lokal dan nasional, asuransi kesehatan, pencarian akomodasi, dan bekal untuk berbagai kegiatan budaya. Penerima Eiffel Excellence Scholarship juga berhak atas tunjangan per bulan sebesar 1.133 Euro atau sekitar 17,2 juta rupiah untuk jenjang S2 dan kurang lebih 1.500 Euro atau 24 juta rupiah untuk jenjang S3. Biaya pendaftaran kuliah tidak termasuk dalam program ini, karena selain sudah ada subsidi dari pemerintah, pihak kampus pun diharapkan memberi bantuan pembebasan biaya untuk mahasiswa penerima beasiswa Eiffel Excellence.

 

Persyaratan umum yang perlu dipenuhi adalah kandidat harus berusia maksimal 25 tahun jika ingin melamar untuk jenjang studi S2, sedangkan untuk jenjang S3 usia maksimalnya 30 tahun. Kandidat juga harus sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari kampus tujuan, menyertakan bukti kemampuan bahasa Prancis dan/atau kemampuan bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, dan tidak sedang menerima beasiswa lain dari pemerintah Prancis.

Beasiswa Eiffel Excellence mencakup dua bidang ilmu. Pertama, sains dan teknologi dengan jurusan biology and health, ecological transition, mathematics and digital, dan engineering sciences. Kedua adalah bidang ilmu sosial dan humaniora dengan jurusan hukum dan ilmu politik, history, French language and civilization, serta ekonomi dan manajemen.

Tenggat pengajuan untuk Eiffel Excellence Scholarship Program ini adalah 10 Januari 2023. Sobat Calakan masih punya banyak waktu untuk melakukan persiapan demi memenuhi persyaratan kampus dan beasiswa, nih. Jadi jangan sia-siakan waktu, ya! Informasi lebih lengkap dapat dibaca di laman resmi Campus France: https://www.campusfrance.org/en/eiffel-scholarship-program-of-excellence. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Kesempatan Kuliah S2 Berbeasiswa di Belgia

Image

Beragam Program Beasiswa di MIU City University Miami

Image

Kuliah di Australia dengan Beasiswa Graduate Research Scholarships

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image