Sop Buntut Harum Sari, Penghangat Tubuh di Musim Hujan

Kuliner  

Memasuki musim hujan, bukan cuma banjir, udara dingin juga menyerbu Bandung. Terlebih kalau hujan turun semalaman. Biasanya ketika dingin mulai melanda, salah satu yang paling diidamkan adalah makanan hangat berkuah. Dari banyak pilihan kuliner di kota Bandung, salah satu yang favorit adalah sop buntut.

foto : dokpri

Sobat Calakan boleh coba melipir ke salah satu warung sop buntut kaki lima paling enak di Kota Bandung. Namanya adalah Harum Sari, terletak di Jl. Cikapundung Barat, Braga, Kec. Sumur Bandung. Tempatnya berupa warung tenda, letaknya di depan kantor PLN. Pada sore sampai malam hari, di sana berderet warung-warung tenda yang menjual beragam penganan dan minuman, seperti sop buntut, soto sulung, sate padang, lemang, susu murni, dsb.

Jalan Cikapundung Barat telah jadi kawasan kuliner sekitar tahun 1970an. Harum Sari sendiri meramaikan daerah tersebut kurang lebih sudah 20 tahun lamanya. Rasa dari sop buntut Harum Sari boleh diadu dengan restoran maupun kedai-kedai ternama lain. Warung tersebut dikelola oleh suami-istri dengan pembagian tugas. Sang Suami memasak aneka hidangan seafood dan chinese food, sedangkan istrinya jadi spesialis dari beragam sajian berkuah: sop buntut, sop kaki, soto padang, dan soto ayam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Harum Sari menyajikan semangkuk sop buntut yang cukup mengenyangkan. Dalam mangkuk tersebut berisikan potongan wortel, kentang, daging sapi, serta tulang bagian buntut tentu saja. Tekstur dari daging buntutnya dijamin empuk dan pecah di lidah. Kuahnya terasa begitu sedap dan kaya dengan rasa gurih kaldu, serta rempah yang menghangatkan tubuh, seperti merica juga pala. Tidak lupa dengan taburan seledri dan bawang goreng yang menambah kenikmatan semangkuk sop buntut khas Harum Sari. Menu ini sangat cocok untuk udara musim hujan Bandung yang bikin menggigil. Harga yang harus dibayarkan untuk menebus semangkuk sop buntut ini sebesar Rp55.000 per porsi.

Menu warung Harum Sari lainnya yang patut dicoba adalah nasi goreng, sate ayam, kepiting saus mentega, udang saus padang, dan hidangan perkuahan lainnya yang rasanya tidak perlu diragukan. Musim hujan tidak menyurutkan pelanggan untuk bersantap malam di sana. Jadi kalau Sobat ingin mampir, maka bersiaplah dengan keramaian. Hal lain yang perlu diwaspadai adalah pengamen yang kerap datang silih berganti. (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Jago Berangklung dalam Sekejap

Image

Menengok Sejarah Indonesia di Museum KAA

Image

The Hallway : Nongkrong Seru di Tengah Pasar

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image