Tangkap Kesempatan Kuliah S2 di Swedia dengan SISGP

Umum  

Ingin ke Swedia gratis? Coba daftar beasiswa Swedish Institute Scholarship for Global Professionals (SISGP) yang merupakan salah satu beasiswa tahunan prestisius untuk melanjutkan kuliah jenjang magister di Eropa, khususnya di Swedia. Pemerintah Swedia melalui Kementerian Luar Negeri akan membiayai secara penuh kuliah S2 selama satu hingga dua tahun bagi kandidat terpilih. Terdapat 24 negara yang menjadi target peserta, termasuk Indonesia.

foto : dok. republika.co.id

Bidang studi yang dapat didaftar dengan SISGP adalah jurusan-jurusan yang berkontribusi pada Agenda for Sustainable Development 2030 milik PBB dan pembangunan berkelanjutan secara umum. Kandidat diwajibkan memiliki gambaran atau visi yang jelas mengenai cara program studi pilihannya berkontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan di negara asal mereka.

Keuntungan penerima SISGP:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Biaya kuliah penuh yang dibayarkan Swedish Institute (SI) langsung ke universitas pada awal semester.

- Tunjangan untuk biaya hidup sebesar SEK 11.000 (± 15 juta rupiah) per bulan.

- Asuransi kesehatan dan kecelakaan.

- Tunjangan transportasi sebesar SEK 15.000 (± 20,7 juta rupiah) yang dibayarkan satu kali.

- Keanggotaan SI Network for Future Global Professional (NFGP) dan SI Alumni Network, yaitu wadah yang dapat membantu perluasan jejaring dan perkembangan diri secara profesional.

Persyaratan umum:

- Memiliki pengalaman kerja minimal 3.000 jam, dengan maksimal tiga (3) tempat bekerja yang berbeda.

- Pengalaman kerja dibuktikan dengan surat keterangan bekerja yang ditandatangani dan dilegalisir (cap basah institusi).

- Memiliki pengalaman kepemimpinan, baik di tempat bekerja atau dalam kegiatan kemasyarakatan.

- Mampu membayar uang pendaftaran kuliah.

- Memiliki Letter of Acceptance (LoA).

- Curriculum vitae (CV) maksimal 3 halaman.

- Menyertakan dua (2) surat rekomendasi, salah satunya dari tempat bekerja. Surat rekomendasi harus ditanda tangan dan dilegalisir.

- Menyertakan surat motivasi.

- Salinan KTP dan paspor yang masih berlaku.

Pendaftaran SISGP dimulai dengan melamar ke universitas-universitas Swedia yang bekerja sama dalam program beasiswa SI. Periode tersebut berlangsung dari 18 Oktober 2022 – 17 Januari 2023. Setelah mendapat LoA dan melakukan proses administrasi kampus, kandidat dibolehkan untuk mengunggah dokumen aplikasi SISGP. Portal pendaftaran beasiswa baru akan dibuka pada 10 Februari 2023 dan ditutup tanggal 28 Februari 2023. Informasi lebih lengkap dapat dibaca pada laman resmi Swedish Institute: https://si.se/en/apply/scholarships/swedish-institute-scholarships-for-global-professionals/ . (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image