Beasiswa Penuh Dari DAAD Untuk Kuliah Di Asia Tenggara

Umum  

Kalau Sobat Calakan sedang mencari beasiswa untuk kuliah yang tidak jauh dari rumah, bisa coba daftar salah satu program dari DAAD. Bagi yang belum tahu, DAAD adalah lembaga Jerman yang mewadahi pertukaran akademisi, baik itu mahasiswa, dosen, maupun ilmuwan. Kepanjangan dari DAAD adalah Deutscher Akademischer Austauschdienst. Perwakilan DAAD di Indonesia tersebar di beberapa kota, yaitu Bandung, Bogor, Surabaya, dan pusatnya adalah di Jakarta yang dibuka pada tahun 1990.

foto : dok. daad.id

Kementerian Jerman di bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, melalui DAAD, membuka program In-Country/In-Region Scholarship. Program ini cocok untuk sobat yang ingin melanjutkan kuliah tapi tidak mau terlalu jauh dari keluarga. Melalui program ini, kandidat boleh mendaftar ke universitas dalam negeri atau di kawasan Asia Tenggara yang bekerja sama dengan program tersebut.

Target dari penerima beasiswa tersebut adalah warga negara Indonesia, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Filipina, Timor Timur, Thailand, dan Vietnam yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S2 atau S3. Jadi, wajib sudah memiliki ijazah S1 untuk yang ingin lanjut program Magister dan harus sudah memiliki ijazah S2 bagi yang ingin lanjut program Doktor.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Institusi yang bekerjasama dengan In-Country/In-Region Scholarship Programme DAAD ini adalah Asian Institute of Technology (AIT) Thailand, Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin Makassar, FMIPA ITB, Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA), Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Tropical Medicine and Public Helath (TROPMED) Network, dan Thai Nguyen University of Agriculture And Forestry (TUAF) Vietnam. Beasiswa yang ditawarkan adalah beasiswa penuh atau fully funded, dengan rata-rata durasi belajar 1-2 tahun.

Persyaratan umum yang perlu dipenuhi antara lain IELTS minimal 6.0/TOEFL-PBT 550/TOEFL-iBT 70, transkrip akademik dengan IPK min. 3.0, LoA, dan motivation letter. Masing-masing institusi memiliki persyaratan dokumen yang berbeda-beda dan dengan tenggat pengumpulan yang berbeda pula. Informasi lebih lengkap, dapat sobat Calakan cek lebih lanjut di laman resmi DAAD: https://bit.ly/spdl2023 atau https://www.daad.id/en/2022/10/06/in-country-in-region-scholarship-programme/ . (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image