7 Negara dengan Fans Sepak Bola Paling Fanatik

Serba Serbi  

Sepak bola bisa dibilang merupakan olahraga yang paling banyak digemari. Pertandingannya dinikmati berbagai lapisan masyarakat dan pagelaran akbar seperti Piala Dunia selalu menjadi tontonan terlaris di berbagai belahan dunia. Uniknya, hanya sepak bola yang tim dan supporter-nya mendapat sorotan sama besar. Berikut adalah tujuh negara dengan fans sepak bola paling fanatik.

foto : dok. republika.co.id

1. Inggris

Sepak bola modern lahir di Inggris pada abad ke-19. Sebelumnya, sepak bola juga sudah sering dimainkan pada abad pertengahan dengan peraturan yang beragam. Boleh dikatakan, sepak bola sudah menjadi “urat nadi” masyarakat Inggris. Hingga saat ini, rata-rata tingkat kepadatan stadion-stadion di Inggris bisa mencapai 99%. Para fans sepak bola Inggris terkenal sebagai salah satu yang paling fanatik, baik untuk negara maupun klub-klub liga. Pendukung garis keras mereka dijuluki Hooligan. Tercatat dalam sebuah survei tahun 2010, mayoritas masyarakat Inggris dapat menonton sepak bola selama 2 jam 22 menit dan kemudian mendiskusikannya selama 3 jam 21 menit.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Argentina

River Plate dan Boca Junior merupakan dua tim asal Argentina yang memiliki basis supporter terbanyak dan paling fanatik. Pun saat Piala Dunia atau Concacaf Gold Cup, pendukung Argentina selalu 100% menyemangati tim mereka. Sebanyak 90% masyarakat Argentina tak ragu untuk menyatakan kencintaannya terhadap permainan sepak bola. Pemain-pemain bintang lahir di sana, sebut saja Diego Maradona, Lionel Messi, Hernan Crespo, Sergio Aguero, Angel di Maria, dsb. Mereka berhasil memberikan gelar untuk negaranya. Wajar apabila penduduk Argentina mencintai sepak bola. Bahkan jika membicarakan liga, tidak jarang pula kefanatikan fans mendorong mereka melakukan hal-hal ekstrem demi membela klub kesayangannya.

3. Indonesia

Kerusuhan maut di Kanjuruhan awal Oktober 2022 ini menjadi bukti fanatisme sepak bola Indonesia, yang bahkan bisa menjadi ekstrem. Hal tersebut bukan pertama kali terjadi. Sering supporter tim besar seperti Persib, Persija, PSM, dan Persebaya menjadi headline media massa karena perlakuan mereka yang luar biasa loyal terhadap tim kesayangan. Sepak bola Indonesia selalu jadi kebanggaan, meski minim prestasi. Sama halnya dengan tim nasional yang selalu mendapat dukungan 100% dari para penggila bola di negeri ini. Para supporter tidak pernah setengah-setengah dalam mendukung.Mereka tidak ragu menyanjung apabila timnya bermain baik, dan sebaliknya tak ragu untuk mengkritik habis-habisan jika permainan tim terlihat buruk.

4. Brazil

Brazil tidak dapat dipungkiri sebagai “pabrik” pemain sepak bola bertalenta. Selalu saja ada generasi-generasi penerus yang jadi rebutan tim-tim besar Eropa. Saat tim nasionalnya berlaga, dunia dapat melihat para pendukung yang tak pernah berhenti menyemangati tim dan ikut menangis ketika terpuruk. Pada tingkat klub, supporter Brazil juga tercatat yang paling sering bentrok satu sama lain, demi membela muruah tim kesayangan.

5. Italia

Fanatisme sepak bola di Italia cukup tinggi. Kepadatan stadion dalam pertandingan liga dapat mencapai 93%. Para supporter-nya selalu mendukung total tim kesayangan mereka. Juventus, AC Milan, Inter Milan, dan Roma tercatat sebagai tim yang memiliki fan base besar hingga di luar Italia.

6. Spanyol

Dalam satu dekade terakhir, Spanyol dengan pertunjukan tiki-takanya, menyedot dukungan dari seluruh dunia. Pendukung tim nasional dan klub-klub La Liga begitu fenomenal, tercatat sebagai lima besar liga paling banyak ditonton. Tim-tim dari La Liga juga mendominasi di perhelatan Piala Champion. Sempat menjadi rumah bagi bintang-bintang besar seperti Luis Figo, Ronaldo (Brazil), Roberto Carlos, David Beckham, Mesut Özil, dan tidak lupa duo Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo. Dua tim raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona selalu menyajikan persaingan sengit hingga ke area supporter mereka.

7. Jerman

Sepak bola adalah obrolan yang paling sering terdengar di bar-bar Jerman. Orang Jerman menanggapi serius tentang sepak bola. Kisah tentang akhirnya mereka sukses beregenerasi dan kembali jadi tim panser yang siap menggilas tim lain di ajang Piala Dunia maupun Eropa selalu menarik dibincangkan. Kapasitas penonton di Bundesliga juga selalu terisi 90%. Setiap tim seperti Borussia Dortmund, Bayern München, FC Köln, dan RB Leipzig memiliki pendukung-pendukung paling loyal dan sering mempertontonkan atraksi menarik dari tribun penonton. (AR Meinanda)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image