10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Tips  

Pengen liburan ke luar negeri tapi gak tahu harus ngapain aja sebelum berangkat? Hal itu sering dirasakan bagi mereka yang baru pertama kali akan bepergian ke luar negeri. Daripada bingung terus-terusan, lebih baik simak tips singkat berikut ini.

foto : dok. republika.co.id

1. Persiapkan dokumen penting

Hal pertama yang wajib dilakukan yaitu menyiapkan dokumen. Dokumen yang paling utama yaitu paspor dan KTP. Boleh dibilang paspor ini merupakan kunci utama saat kita bepergian ke luar negeri. Selain itu, sobat Calakan juga harus menyiapkan visa untuk mengunjungi negara-negara yang membutuhkan visa turis. Untuk negara-negara di Asia Tenggara, turis dari Indonesia tidak memerlukan visa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Memesan penginapan

Langkah berikutnya, sobat Calakan harus memesan penginapan agar tidak kesulitan mencari penginapan begitu tiba di negara tujuan. Kalian dapat memesan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Memesan penginapan di luar negeri tidak harus mahal. Selalu cek review dari pengunjung yang pernah menginap di suatu penginapan.

Selain itu, penginapan yang telah kita pesan bisa jadi syarat wajib untuk mengajukan visa. Jadi sebelum membuat visa, pastikan kalian sudah mendapat penginapan.

3. Buat itinerary

Sebelum keberangkatan, kalian dapat membuat itinerary atau rencana perjalanan selama di sana. Misalnya tempat yang ingin dikunjungi, restoran, ataupun kereta yang digunakan untuk menuju kota lain.

4. Pesan tiket pesawat jauh-jauh hari

Sudah tahu kan kenapa harus beli tiket pesawat jauh-jauh hari? Ya, jika membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, sobat Calakan akan mendapatkan biaya penerbangan yang lebih murah tentunya.

5. Cari tahu informasi negara tujuan

Selain informasi tentang kehidupan masyarakat setempat, ternyata info cuaca dan musim juga penting. Nantinya kalian perlu membawa pakaian serta alas kaki sesuai dengan musim di negara tersebut. Pakaian yang keliru akan berakibat pada pembengkakan biaya liburan karena terjadi kondisi “salah kostum’.

6. Tukar uang di money changer

Penukaran uang di money changer akan terasa lebih murah bila dibandingkan di bandara. Sobat Calakan bisa meminta uang dalam pecahan kecil atau koin, karena uang tersebut sangat berguna nantinya. Penukaran uang tersebut dilakukan sebelum berangkat ya..

7. Aktifkan nomor telepon

Untuk memudahkan komunikasi dengan keluarga di tanah air, jangan mematikan nomor telepon. Hal ini dapat memudahkan kalian untuk memberi tahu jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

8. Bawa barang secukupnya

Membawa barang secukupnya akan mempermudah mobilitas dari bandara ke penginapan ataupun ke tempat lainnya. Pastikan barang yang kalian bawa merupakan kebutuhan selama bepergian ke luar negeri.

9. Cadangkan dokumen dalam bentuk soft file

Untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan dokumen penting selama di luar negeri, kalian harus memindai dokumen tersebut. Simpan dokumen dalam smartphone dan cadangkan ke Google Drive atau penyimpanan cloud lainnya. Dengan begitu, kalian dapat menunjukkan identitas kepada yang berwenang.

10. Unduh aplikasi penting

Selama di luar negeri, kalian harus mengunduh Google Maps agar tidak tersesat saat menuju suatu lokasi. Selain itu, unduh Google Translate untuk membantu kalian dalam menerjemahkan bahasa lokal yang tidak dipahami. Jika di negera tersebut tersedia layanan taksi online, kalian juga dapat mengunduh aplikasi penyedia layanan taksi online.

Nah, itu dia 10 tips singkat sebelum bepergian ke luar negeri. Dengan mempersiapkan segala sesuatu dengan baik, dijamin sobat Calakan tidak akan mendapat masalah mulai dari keberangkatan hingga kepulangan ke tanah air tercinta. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

6 Tips Sebelum Mulai Kuliah S1

Image

Tips dan Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Image

Berlibur ke Kebun Binatang Bandung

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image