6 Fakta Menarik tentang Perpustakaan di Dunia

Serba Serbi  

Perpustakaan bagi para pecinta buku dan pelajar merupakan salah satu tempat wajib untuk dikunjungi. Di sanalah berbagai sumber ilmu pengetahuan hadir untuk memenuhi hasrat keingintahuan sekaligus menajdi sumber referensi yang dapat memenuhi kebutuhan pembacanya.

foto : dok. republika.co.id

Namun, apakah sobat Calakan tahu fakta menarik dari perpustakaan yang ada di seluruh dunia? Berikut 6 fakta menarik tentang perpustakaan yang ada di dunia yang tercatat dalam laman resmi guinessworldrecords.com

1. Perpustakaan Pertama Di Dunia

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Terletak di Iraq (Mosul) sejak tahun 668, perpustakaan ini dinamakan The Library of Ashurbanipal yang didirikan oleh Ashurbanipal, raja Assyrians. Dulu perpustakaan ini berlokasi di Nineveh (dekat Mosul). Harta terbesar yang dimiliki perpustakaan ini mungkin adalah Epic of Gilgamesh, salah satu karya tertua yang yang masih ada. Puisi epik ini dianggap memberikan pengaruh besar atas para penulis Yunani kuno.

2. Perpustakaan Terbesar Di Dunia

US Library of Congress tercatat dalam Guiness World Records pada November 2021 sebagai perpustakaan terbesar di dunia dengan jumlah koleksi yang fantastis mencapai 41 juta buku dan material cetak lainnya. Perpustakaan ini terletak di Washing DC, Amerika Serikat.

3. Perpustakaan Medis Terbesar Di Dunia

National Library of Medicine di Bethesda, Maryland, USA menjadi perpustakaan medis terbesar di dunia dengan koleksi yang mencapai 7 juta literatur di dalamnya yang meliputi buku, jurnal, laporan, manuskrip, gambar dan foto. Perpustakaan ini berdiri pada 1836 ketika perpustakaan kantor kepala dinas tentara ahli bedah didirikan.

4. Perpustakaan Bandara Terbesar Di Dunia

Perpustakaan bandara terbesar di dunia ini bernama Schipol Airport Library dan dibuka pada July 2010. Luasn perpustakaan di bandara Belanda ini mencapai 90 meter persegi. Perpustakaan ini menyediakan buku dengan berbagai macam bahasa, DVD dan item lainnya.

5. Perpustakan Universitas Terbesar Di Dunia

Harvard Univeristy Library tercatat menjadi perpustakaan kampus terbesar di dunia sejak 7 Oktober 2021. Terletak di Cambridge Amerika Serikat, perpustakaan ini memiliki 21,8 juta koleksi literatur, termasuk 18,7 juta item fisik dan 3,1 juta judul elektronik.

6. Perpustakaan Tertinggi Di Dunia

National Library of Indonesia menjadi perpustakaan tertinggi di dunia, dengan tinggi bangunan sekitar 126,63 m, dan terdiri dari 27 lantai. Perpustakaan ini pindah ke bangunan yang sekarang berada di jantung Jakarta pada 14 September 2017 dan meninggalkan struktur bangunan era kolonial yang dirasa sudah terlalu kecil untuk menampung koleksi-koleksi literarurnya.

Itulah enam faka menarik tentang perpustakaan yang ada di dunia dan dapat dinikmati oleh para pengunjung di seluruh dunia. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi salah satunya? (Difa Lugina)

Berita Terkait

Image

Seperti Apa Budaya Individualis?

Image

10 Universitas Terbaik Dunia untuk Jurusan Psikologi

Image

Enam Fakta Unik Stadion Di Dunia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image