7 Hal Menarik dari Sistem Pendidikan di Finlandia

Umum  

Finlandia terletak di Eropa Utara yang berbatasan dengan Swedia di sisi barat dan Rusia di sisi timur. Sudah lama Finlandia diakui sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia berdasarkan Programme for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2000. Berikut hal-hal menarik yang perlu diketahui terkait sistem pendidikan di Finlandia.

foto : dok. republika.co.id

1. Fokus Pada Proses Latihan, Bukan Ujian

Finlandia memfokuskan setiap muridnya kepada proses pelatihan. Tidak ada ujian sama sekali selama periode pendidikan menengah. Gurulah yang memperkirakan pengetahuan dari murid-muridnya selama proses pendidikan berlangsung.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Belajar dalam Kelompok Kecil

Di sekolah Finlandia, para murid akan belajar dalam kelompok yang berjumlah kecil. Seperti halnya saat di taman kanak-kanak, seorang tutor hanya akan menangani empat orang anak saja. Sedangkan untuk jenjang sekolah dasar dan seterusnya, murid-murid akan dibatasi hanya 20 orang per-kelas. Hal ini berdasarkan peraturan dari sistem pendidikan yang berlaku di sana. .

3. Jam Sekolah yang Singkat

Jika di berbagai negara umumnya murid-murid akan berangkat sangat pagi untuk bersekolah, lain halnya dengan sekolah di Finlandia. Murid-murid mulai bersekolah pada pukul 9 pagi, dan selesai pada pukul 2 siang. Biasanya, para murid memiliki tiga sampai empat kelas dengan durasi 75 menit tiap kelasnya. Saat memasuki jam istirahat mereka tidak hanya untuk makan, akan tetapi juga mencari udara segar untuk siap belajar kembali.

4. Pendidikan Gratis

Hampir seluruh pendidikan di Finlandia bebas biaya, hal ini dikarenakan subsidi yang disalurkan oleh pemerintah untuk pendidikan Finland. Perlu dicatat untuk jenjang universitas juga bisa mendapatkan pendidikan secara gratis bagi siapa saja yang menggunakan bahasa Finlandia dan Swedish. Untuk pelajar asing yang menggunakan bahasa Inggris itu akan dikenakan biaya.

5. Kualitas Pengajar Terbaik

Menjadi seorang guru atau pengajar di Finlandia merupakan hal yang sangat sulit. Hal ini dikarenakan standard yang diatur sangat tinggi untuk mencapai kualitas pendidikan yang baik. Para guru di sana wajib seorang lulusan dari jenjang master sebelum dapat mengajar. Hanya sebagian kecil saja yang belum memiliki gelar master.

6. Menerapkan Sistem Kerja Sama, Bukan Kompetisi

Finlandia tidak menerapkan kompetisi pada setiap muridnya, melainkan mengajarkan untuk saling bekerja sama sebagai norma yang dianutnya. Selain itu, pendidikan di negara ini tidak menerapkan hukuman bahkan bagi murid yang paling malas sekalipun. Sebaliknya, murid yang malas akan mendapatkan observasi khusus oleh pendidiknya.

7. Membuat Dasar-Dasar Prioritas

Sejak 1980, para pendidik di Finlandia memiliki fokus untuk membuat dasar-dasar prioritas terkait sistem pendidikan sebagai berikut:

a. Pendidikan harus menjadi alat untuk menyeimbangkan kesenjangan sosial,

b. Semua siswa menerima makanan gratis di sekolah,

c. Kemudahan akses perawatan kesehatan,

d. Konseling psikologis,

e. Bimbingan individual.

Menarik ya? Nah, bagi pelajar Internasional yang berminat untuk merasakan sekolah dengan kualitas pendidikan terbaik ini, ada beasiswa yang disediakan oleh pemerintah setempat. Bagaimana? (Difa Lugina)

Berita Terkait

Image

5 Rahasia Jadi Negara Paling Bahagia a la Finlandia

Image

Ini Lho Langkah Pertama Cari Beasiswa

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image