Enam Program Pertukaran Pelajar yang bisa Perkaya Pengalaman Kita

Umum  

Masa muda merupakan waktu yang tepat untuk memperkaya diri dengan beragam pengalaman. Salah satunya adalah dengan mengikuti program pertukaran pelajar. Program tersebut sangat baik untuk mengembangkan potensi diri dan pengetahuan, serta sebagai awal membangun jaringan global yang akan sangat berguna di masa depan. Berikut adalah beberapa program pertukaran pelajar yang dapat dicoba.

ilustrasi : dok. republika.co.id

1. YFU Indonesia Intercultural Exchange Program

Youth for Understanding (YFU) berdiri pertama kali di Amerika Serikat pada 1951. Hal tersebut menjadikannya salah satu organisasi pertukaran pelajar tertua. YFU Indonesia sendiri didirikan pada 2006. Saat ini organisasi tersebut memiliki dua program pertukaran pelajar internasional, yaitu Secondary School – Year Programs, yang memungkinkan peserta akan tinggal bersama keluarga angkat dan bersekolah di SMA Negeri selama satu tahun di luar negeri. Selain itu ada juga YFU Summer Programs, yaitu program tinggal bersama keluarga angakat dan mengikuti berbagai kegiatan musim panas selama beberapa minggu/bulan. Negara-negara yang menjadi tujuan antara lain Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Perancis, Norwegia, Turki, Ekuador, Uruguay, dan Mongolia, tergantung dari pilihan program.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. YES

Yayasan Bina Antar Budaya bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika dalam mengelola program Pertukaran Pemuda dan Studi (YES). Program ini sudah berjalan sejak 2002 dan pendaftarannya dibuka setiap tahun. Target pesertanya adalah siswa sekolah menengah (15-17 tahun) dari negara-negara dengan populasi muslim yang banyak. Selama satu tahun, peserta akan tinggal bersama keluarga angkat di Amerika Serikat, sekolah di SMA, memperoleh keterampilan kepemimpinan, serta mempelajari kebudayaan satu sama lain (pertukaran budaya).

3. AIYEP

Setiap tahun Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) mengirimkan 18 anak muda Indonesia dengan rentang usia 21-25 tahun ke Australia selama dua bulan. Dalam program tersebut, peserta akan berpartisipasi dalam penempatan kerja yang disesuaikan dengan latar belakang bidang pendidikan. Mereka juga mendapat fasilitas homestay. Selama dua bulan peserta akan melakukan banyak kunjungan ke sekolah-sekolah dan lingkungan masyarakat, serta menggelar pertunjukan budaya.

4. Asia Kakehashi Project

Program Asia Kakehashi adalah program pertukaran pelajar yang didanai penuh oleh kemenetrian Jepang (MEXT). Program ini boleh diikuti para pelajar SMA/sederajat yang sedang belajar bahasa Jepang, baik di sekolah maupun di lembaga lain. Dengan mengikuti program ini peserta dapat mengasah kemampuan bahasa Jepang mereka, tinggal bersama masyarakat lokal, belajar kebudayaan, sistem pendidikan, dan keseharian masyarakat Jepang.

5. IKYEP

Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP) tercipta berkat kerja sama Menpora dengan Ministry of Gender Equality and Family Republic of Korea. Program yang meluncur sejak 2010 ini memiliki durasi total 20 hari, dengan rincian, 10 hari akan diadakan di Indonesia dan 10 hari di Korea Selatan. Selama itu banyak kegiatan yang akan dilakukan, seperti pagelaran budaya, diskusi bersama anggota kepemudaan, kunjungan ke berbagai tempat, dan peserta juga akan tinggal bersama masyarakat lokal.

6. SSEAYP

Ship for South East Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) adalah kerja sama Jepang dengan negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia dan sudah berlangsung sejak 1974. Program ini bertujuan untuk memperkuat hubungan/jejaring, pemahaman antarbudaya, dan memajukan kerja sama internasional dijembatani oleh pemuda Asia Tenggara dan Jepang.

Terdapat dua kegiatan yang menjadi ciri khas progam SSEAYP, yaitu On Board Activities, yaitu ketika beragam aktivitas dilakukan di atas kapal layar. Kapal akan berlabuh di beberapa negara ASEAN dan peserta akan melakukan beragam kegiatan yang disebut dengan Country Program.

Wah, cukup banyak pilihannya kan, Sobat? Selain yang disebutkan di atas, masih ada banyak program pertukaran pelajar lainnya. Kira-kira Sobat Calakan tertarik untuk ikut yang mana? (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Mengenal Tes SAT

Image

Dibuka, Pendaftaran Japanese Studies Fellowship Program 2022

Image

Kuliah di Australia dengan Beasiswa Monash International Leadership Scholarship

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image