Hal Menarik tentang Rendang yang Jarang Diketahui

Kuliner  

Rendang merupakan salah satu makanan khas Sumatra Barat yang sudah dikenal di luar negeri. Makanan ini berbahan dasar daging sapi dan dimasak dengan aneka rempa yang, menjadikan rendang memiliki cita rasa yang khas, berbeda dengan makanan lainnya. Selain cita rasa, rendang memiliki masa simpan yang cukup lama, bahkan hingga berminggu-minggu. Tak heran jika rendang dapat dibawa saat Anda bepergian jauh tanpa takut basi selama perjalanan.

foto; dok. republika.co.id

Akan tetapi, tak lengkap rasanya bila Anda tidak mengetahui beberapa fakta unik tentang rendang. Untuk itu, simak ulasannya berikut ini

1. Masuk dalam daftar makanan terenak di dunia

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meskipun tidak menempati urutan pertama sebagai makanan terenak di dunia, nyatanya rendang tetap dinobatkan sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Pada 2021, CNN memasukkan rendang pada urutan ke-11 sebagai makanan terenak di dunia.

2. Nama aslinya randang

Nama asli rendang yaitu randang. Kata randang diambil dari kata “merandang” yang artinya lambat. Maksud lambat di sini yaitu proses memasak yang lama. Biasanya rendang dimasak 6-8 jam.

3. Memiliki makna filosofi

Dalam memasak rendang, terdapat tiga makna filosofi yang terkandung di dalamnya yaitu kesabaran, kebijaksanaan, dan kegigihan. Saat memasak, dibutuhkan kesabaran dan kegigihan dalam mengaduk, serta kebijaksanaan dibutuhkan saat kita mengatur besar kecilnya api.

Selain itu, terdapat makna filosofi di dalam bahan-bahannya. Seperti daging sapi yang bermakna Niniak Mamak, Datuak, atau Penghulu. Mereka adalah ketua adat yang memimpin kaumnya agar tercipta kehidupan yang harmonis dan sesuai dengan norma masyarakat. Santan menggambarkan cendekiawan yang membantu tetua adat dalam memecahkan masalah. Lada merupakan sosok ulama yang menegakkan syariat Islam di masyarakat. Terakhir, aneka bumbu merupakan gambaran kondisi masyarakat Minangkabau yang terdiri dari berbagai suku.

4. Tidak selalu menggunakan daging sapi

Ternyata bahan utama rendang tidak selalu menggunakan daging sapi. Di Sumatra Barat, ada beberapa jenis rendang misalnya, rendang ayam, rendang bebek (randang itiak), rendang telur (randang talua), rendang tongkol, rendang tenggiri, rendang suir (randang runtiah), dan masih banyak lagi.

5. Memiliki rendang versi Jawa

Merantaunya orang Minang sejak dulu, membuat rendang memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan rendang yang asli dari tanah Minang. Di Jawa misalnya, rendang memiliki cita rasa yang manis. Hal itu dikarenakan masakan Jawa dikenal dengan cita rasanya yang manis. Sehingga resep rendang menyesuaikan lidah orang Jawa.

Nah itulah beberapa fakta unik tentang rendang. Meskipun rendang memiliki perbedaan rasa yang menyesuaikan lidah masyarakat setempat, hal membuktikan bahwa rendang merupakan salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. (Lutfie Fahrizal Rizky)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Lima Tragedi Mencekam Sepak Bola di Dunia

Mengenal Tes SAT

10 Tips Liburan ke Luar Negeri buat Pemula

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image