Serupa Tapi Tak Sama, Lima Makanan Thailand dan Indonesia

Kuliner  

Berada di Asia Tenggara dengan jarak yang tak begitu jauh, Indonesia dan Thailand memiliki kesamaan dalam beberapa hal. Ambil contoh dari makanan. Kuliner Thailand yang terkenal dengan cita rasa asam dan pedas hingga digilai banyak orang, ternyata memiliki menu-menu yang mirip dengan penganan di Indonesia. Berikut makanan yang serupa tapi tak sama itu.

foto : dok. republika.co.id

1. Som Tum & Asinan

Sama halnya dengan rujak buah di Indonesia, som tum di Thailand berisi campuran buah atau bisa saja berisi pepaya muda yang diserut. Hanya saja, bumbu sausnya sedikit berbeda. Mereka menggunakan bahan-bahan seperti air, sirup gula merah, asam, cabai rawit, cabai merah kering, kacang tanah, ebi, kecap ikan, dan perasan lemon. Semua bahan saus dicampur, tetapi tidak diulek halus. Secara penampilan, som tum milik Thailand ini hampir mirip dengan asinan khas Indonesia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Khao Pad & Nasi Goreng

Secara harfiah khao pad berarti nasi goreng. Khao pad memiliki berbagai variasi, tergantung dari bahannya. Misalnya nasi goreng udang, maka orang Thailand menyebutnya dengan khao pad goong, ada pula nasi goreng tom yum dan mereka menamainya khao pad tom yum. Bahan dasar yang digunakan sedikit berbeda dengan di Indonesia. Untuk khao pad hanya menggunakan bawang putih dan daun bawang, dengan tambahan perasa seperti lada hitam, kecap asin, dan kecap ikan. Nasi goreng Indonesia biasanya ada tambahan seperti bawang merah, atau kalau yang komplit biasanya diulek dengan campuran kemiri. Bahan yang berbeda tentu akan memberikan cita rasa pembeda juga, meskipun secara visual keduanya sama.

3. Pad Pak Boong & Tumis Kangkung

Pad pak boong dan tumis kangkung benar-benar serupa. Pad artinya tumis, pak boong berarti kangkung. Sebetulnya tiap daerah di Indonesia memiliki resep kangkungnya sendiri. Namun secara umum, pad pak boong memiliki kemiripan baik dari segi tampilan, maupun rasa. Bumbu-bumbu dasar dari pad pak boong adalah saus tiram, tauco, kecap asin, cabai merah kering yang ditumbuk halus, serta potongan kecil bawang putih.

4. Gaeng Massaman & Gulai

Gaeng massaman adalah hidangan kari yang dapat diisi dengan daging ayam ataupun sapi dan ditambah potongan kentang. Gaeng massaman mengandung banyak rempah yang cukup familiar atau banyak ditemukan juga di Indoensia, seperti kapulaga, bunga lawang, dan kayu manis. Orang Thailand memasak massaman menggunakan santan kelapa, sehingga menghasilkan konsistensi kuah yang kental. Rasanya cukup menyerupai gulai khas Padang.

5. Kuay Teaw Reua & Mie Kocok

Kuay Teaw Reua atau dikenal dengan nama boat noodle di dunia internasional merupakan salah satu makanan khas Thailand yang kalau ditilik-tilik penampilannya mengingatkan pada mie kocok. Meskipun memiliki nama kuay teaw, yang kalau dalam pelafalan orang Indonesia jadi terdengar seperti kwetiau, tetapi sajian Thailand tersebut justru menggunakan bihun. Nah, bihun tersebut disajikan bersama tauge, sayuran hijau, dan potongan daging. Cara penyajiannya juga hampir sama, yaitu semua isian dimasukkan saringan, kemudian berulang kali dicelupkan dalam kuah kaldu.

Untuk sobat Calakan yang muslim perlu berhati-hati, sebab daging yang digunakan dalam kuay teaw reua umumnya adalah daging babi, begitu pun dengan kuahnya yang terbuat dari kaldu rebusan tulang babi. Bicara tentang kuah kaldu, di sanalah letak perbedaan mencolok antara kuay teaw reua dan mie kocok. Apabila mie kocok disajikan dalam semangkuk kuah kaldu bening, meski kemudian dapat kita tambahkan kecap ataupun sambal, tetapi kuay teaw reua dimasak dalam kuah berwarna gelap seperti rawon.

Itulah lima penganan Thailand yang serupa dengan makanan Indonesia. Adakah penganan khas Thailand di atas yang membuat sobat Calakan penasaran untuk mencicipi dan membandingkannya dengan sajian khas Nusantara? (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Beasiswa Kuliah di Negeri Gajah Putih

Image

7 Makanan Khas Turki yang Menggugah Selera

Image

Seperti Apa Budaya Individualis?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image