Tips dan Cara Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Umum  

Melanjutkan studi di luar negeri memang menjadi impian sebagian orang. Selain merasakan kehidupan di negara orang, pengalaman bertemu dengan banyak orang dari negara lain dan juga pengalaman yang tidak akan didapatkan ketika kuliah di Indonesia menjadi alasan kuliah di luar negeri menjadi dambaan banyak orang.

ilustrasi : dok.republika.co.id

Akan tetapi, apa hal-hal yang harus dilakukan sebelum mendaftar kampus di luar negeri? Simak pembahasan singkatnya.

1. Tentukan kampus, program studi, dan negara tujuan

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal ini wajib dilakukan sebagai pertimbangan peluang kalian diterima di kampus dan program studi impian. Selain itu, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kampus dan program studi. Tak lupa kehidupan mahasiswa di negera tujuan.

Jika kalian memiliki peluang untuk mendaftar lebih dari satu program studi, jangan disia-siakan. Manfaatkan peluang tersebut dengan tetap mempertimbangkan minat dan kemampuan diri. Dengan begitu, apabila diterima pada program studi pilihan ke dua dan seterusnya tidak menjadi masalah besar bagi kalian.

2. Pastikan sumber dana pendidikan

Kuiiah di luar negeri sudah pasti memerlukan dana yang besar. Selain untuk membayar kuliah, kalian harus memikirkan biaya lainnya seperti biaya hidup, biaya keberangkatan, dan lain sebagainya. Jika pihak kampus memberikan beasiswa penuh atau sebagian, manfaatkan kesempatan tersebut. Jika beasiswa kampus memberikan beasiswa secara penuh, kalian tidak perlu membayar uang kuliah.

Jika kalian mendaftar beasiswa melalui penyedia beasiswa, pastikan membaca secara detail apa saja biaya yang diterima jika mendapat beasiswa. Apakah pemberi beasiswa menanggung biaya kuliah dan biaya hidup atau hanya biaya kuliah saja. Tak ada salahnya jika kalian mempersiapkan dana tambahan sebagai dana cadangan yang dapat digunakan apabila diperlukan.

3. Persiapkan kemampuan bahasa asing

Kemampuan berbahasa asing ini tergantung negara tujuan kalian kuliah serta program kuliah yang kalian pilih. Jika memilih program internasional atau belajar di negara berbahasa Inggris, sudah jelas Bahasa Inggris menjadi modal utama. Mau tidak mau kalian harus mempersiapkan diri dengan skor TOEFL atau IELTS yang sudah mereka tentukan.

Jika kalian mendaftar kuliah dengan kelas reguler atau perkuliahan tidak dengan Bahasa Inggris, kemampuan bahasa di tempat kalian kuliah haruslah yang utama. Untuk itu, carilah informasi tentang penilaian ujian asing yang diperlukan.

4. Baca semua persyaratan dan waktu pendaftaran

Sebelum mendaftar, pastikan kalian sudah membaca semua persyaratan secara keseluruhan. Tidak ada salahnya membaca persyaratan berulang kali supaya lebih paham tentang persyaratannya. Selain itu, perhatikan waktu pendaftaran. Jika durasi pendaftarannya, dapat mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan. Termasuk penerjemahan dokumen dengan penerjemah tersumpah, apabila diperlukan. Jangan dibiasakan untuk mendaftar sebelum tenggat waktu berakhir.

Satu hal penting lainnya adalah jangan asal memilih kampus maupun program studi. Jangan memilih hanya karena terpengaruh orang-orang sekitar atau influencer. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian. Selamat memilih (Lutfie Fahrizal Rizky)

Berita Terkait

Image

Beasiswa Kuliah di Negeri Gajah Putih

Image

Ke Kanada dengan Beasiswa The University of Winnipeg Presidents Scholarship

Image

Beasiswa Chinese Government Scholarship untuk S2 dan S3

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image