Mengintip Timeline Beasiswa Chevening

Umum  

Pendaftaran beasiswa Chevening tahun akademik 2023/2024 dibuka pada 2 Agustus sampai dengan 1 November 2022. Kandidat yang lolos berhak mendapatkan beasiswa penuh (fully funded) untuk kuliah S2 di Inggris. Pendanaan tersebut diberikan oleh Departemen Luar Negeri, Persemakmuran & Pembangunan, dan organisasi mitra Pemerintah Inggris. Chevening akan memilih individu-individu berjiwa pemimpin yang kuat dan memiliki latar belakang akademis menonjol.

foto : dok. republika.co.id

Melansir laman resmi Chevening, pihak pemberi dana sudah menetapkan jadwal (timeline) untuk para pendaftar. Hal tersebut juga bisa jadi ancang-ancang para pendaftar untuk melengkapi persyaratan dan menyiapkan mental.

Periode Pendaftaran:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2 Agustus – 1 November 2022.

Seleksi Kelayakan:

2 November 2022.

Periode Seleksi Persayaratan:

Pertengahan November – Desember 2022.

Batas Akhir Pengumpulan Dokumen Pendukung:

Februari – Akhir April 2023.

Seleksi Wawancara:

27 Februari – 28 April 2023.

Pengumuman Hasil Wawancara:

Mulai Juni 2023 dan seterusnya.

Batas Akhir Pengumpulan LoA Unconditional:

13 Juli 2023.

Perkuliahan Dimulai:

September atau Oktober 2023.

Komite terpilih dan independen dari Chevening akan menyeleksi secara ketat setiap pelamar yang mengirimkan aplikasi lengkap sesuai persyaratan. Para kandidat yang lolos akan menerima pendanaan penuh untuk program kuliah, biaya hidup, dan tiket pesawat pulang dan pergi. Penerima beasiswa Chevening juga berhak mendapat beragam pembekalan untuk bersosialisasi di kehidupan tingkat internasional, seperti diundang ke acara-acara networking bersama penerima seangkatan dan alumni Chevening, diskusi, peluang magang (internship), kesempatan menjadi relawan, serta berbagai workshops atau lokakarya yang diadakan eksklusif oleh Chevening.

Para lulusan Chevening diharapkan mampu memberi dampak positif dalam kehidupan masyarakat, menjadi pemimpin masa depan, dan pionir perubahan. Sejak pertama kali program beasiswa ini dibuat, tepatnya pada 1983, Chevening sudah meloloskan lebih dari 50 ribu kandidat untuk berkuliah di universitas-universitas terbaik Inggris. Hingga saat ini pemerintah Inggris, melalui Chevening, terus memperlihatkan komitmen untuk mendidik, membentuk, dan mengembangkan calon-calon pemimpin berkualitas.

Tentu akan jadi kebanggaan terpilih sebagai salah satu awardee Chevening dan kehormatan besar untuk mengemban misi membangun dunia lebih baik. Nah, perhatikan timeline-nya dan jangan sampai ketinggalan untuk mendaftar, ya. Kira-kira kampus Inggris mana yang masuk radar incaran sobat Calakan? (AR Meinanda)

Berita Terkait

Image

Lima Peluang Kerja Paruh Waktu di LN

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image