Cari Tahu yang Boleh dan Tidak Boleh di Australia

Tips  

Australia adalah negara yang sangat luas dengan beragam jenis margasatwa dan alam yang membuat kita sebagai pengunjung bisa melakukan banyak eksplorasi di kota-kota atau tempat-tempat yang kita kunjungi. Penduduk Australia umumnya ramah dan santai dengan cara hidup yang unik. Meski begitu, ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang boleh dan tidak boleh (tidak disarankan) untuk dilakukan selama berkunjung ke negeri Kanguru ini.

foto : dok. republika.co.id

Saran yang bisa atau sebaiknya dilakukan :

1. Coba untuk menikmati humor yang disampaikan oleh Australian (orang Australia). Kadang-kadang membuat lelucon tentang diri sendiri adalah salah satu cara untuk membangun keakraban lebih cepat. Hal itu menunjukkan rasa percaya diri kita tetapi jangan terlalu memojokkan diri sendiri dengan lelucon tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Jika melakukan kritik, jangan terlalu berlebihan. Ukurlah kadar kritik tersebut secukupnya saja.

3. Coba untuk rileks dan menikmati suasana casual (santai).Orang Australia memang dikenal hangat dengan informalitas dan cenderung untuk lebih akrab dengan mereka yang terlihat apa adanya dan nyaman dengan situasi sosial yang casual.

4. Dalam segala situasi yang memungkinkan, ajukan diri kita untuk ikut berbagi tugas atau ikut urunan. Misalnya, jika dalam perjalanan bersama seseorang mengendarai mobil, coba tawarkan untuk ikut urunan membeli bensin. Tindakan seperti ini akan diapreasi.

5. Hormati dan sayangi lingkungan alam, kehidupan liar dan tanah Australia. Melindungi ekologi negara sangat penting bagi sebagian besar orang Australia.

6. Sadarilah bahwa orang Aborigin dan Penduduk Kepulauan Selat Torres adalah penjaga asli tanah tersebut dan sadari dampak penjajahan terhadap masyarakat mereka. Coba cari saran-saran lain mengenai hal yang peka ini sehingga kita tidak terjebak dalam situasi yang sulit.

Hal-hal yang disarankan untuk tidak dilakukan, adalah :

1. Jangan menyombongkan diri atau pamer yang memberi kesan bahwa Anda terlihat lebih unggul dibandingkan orang lain. Sebagian Australian kemungkinan akan jengkel dan menganggap hal tersebut dibuat-buat.

2. Hindari untuk meminta tolong orang lain melakukan hal-hal yang dengan jelas bisa Anda lakukan sendiri

3. Jangan menunjukkan secara jelas bahwa Anda tidak suka dengan aturan tertentu yang diterapkan di sana karena hal tersebut akan berpotensi menunjukkan bahwa Anda tidak bisa dipercaya atau menolak mereka

4. Hindari membahas topik yang bisa memecah belah masyarakat Australia (misalnya tentang pengungsi, masalah pribumi) kecuali Anda memang sangat berhati-hati dan peka tentang hal tersebut dan Anda juga siap mendengarkan komentar yang berseberangan.

5. Hindari bersikap terlalu agresif atau argumentatif. Orang Australia cenderung menghindari orang yang terlalu berpendirian berbeda dan akan menganggap orang tersebut sebagai kontroversial sehingga mereka kurang tertarik menemani orang tersebut.

Semangat egaliter juga cukup kuat di masyarakat Australia yang casual. Karena itu bersikap santai adalah cara yang paling mudah untuk berinteraksi dengan penduduk setempat. Bagaimanapun seperti kata pepatah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui hal-hal terkait tradisi dan budaya setempat sebelum kita berkunjung atau bahkan menetap di tempat tersebut.

Berita Terkait

Image

Beasiswa Pengembangan Kepemimpinan Organisasi Khusus Perempuan

Image

7 Hal yang Patut Diketahui Saat di Jepang

Image

Kuliah di University of Queensland dengan International High Achievers

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image