Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Tips  

Salah satu yang harus dipersiapkan untuk melamar beasiswa atau studi ke luar negeri adalah kemampuan berbahasa asing, umumnya Bahasa Inggris, yang memadai. Hal ini dapat dipahami karena perkuliahan yang dilakukan akan menggunakan bahasa tersebut.

Nah, sebagian pemburu beasiswa seringkali dihadapkan pada pertanyaan, apakah saya harus kursus bahasa di tempat les atau cukup belajar sendiri?

Mari kita cek beberapa hal. Pertama, apakah kemampuan bahasa inggris kita sudah memadai? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa mengetes kemampuan kita di tempat yang menyediakan tes tersebut, baik offline maupun online. Dari hasil tes tersebut, kita akan mengetahui posisi skor kita. Kalau hasilnya sesuai rata-rata kebutuhan skor bahasa, maka Anda tak perlu mengambil kursus. Cukup melatih diri sendiri dengan berbagai sumber yang saat ini melimpah di internet, sebelum melakukan tes bahasa yang sebenarnya. Hal ini membutuhan kedisiplinan yang tinggi karena kita sendiri yang mengatur jam belajar, juga mengukur sendiri kemampuan belajar kita.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kedua, jika hasil tes menunjukkan bahwa kemampuan kita berbahasa asing ini kurang bagus maka kita tahu bahwa kita harus menyediakan waktu khusus untuk belajar. Iya, belajar serius untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing kita.

Perlukan kita belajar di tempat les bahasa atau cukup belajar sendiri? Saat ini, sumber informasi dan ilmu ada di internet dalam jumlah yang banyak sekali. Tinggal kitanya yang rajin mencari maka umumnya kita bisa menemukan berbagai informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas diri kita dalam hal berbahasa asing. Tapi, jika Anda adalah tipe orang yang tidak bisa belajar sendiri, kurang motivasi jika belajar sendiri, maka pergi ke tempat kursus adalah cara belajar yang lebih baik. Tentu saja ini membawa konsekuensi pada anggaran yang harus disiapkan secara khusus.

Di tempat les, biasanya kita bertemu dengan orang-orang yang sama dengan kita, ingin meningkatkan kemampuan berbahas asing. Bertemu dengan orang-orang yang setujuan dengan kita akan meningkatkan motivasi kita untuk berhasil. Selain itu, belajar di tempat kursus memberikan manfaat adanya tambahan ilmu atau tips yang mungkin kita tidak akan temukan di internet secara gratis.

Jadi, silakan dipilih, mau belajar di tempat kursus atau belajar sendiri? Keduanya mempunyai sisi keuntungan yang berbeda tergantung kebutuhan kita.

Berita Terkait

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Image

Tips Menulis Personal Statement

Image

Kuliah S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Bisa Banget

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image