Ssttt Ini Rahasia Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Tips  

Wawancara beasiswa yang dilakukan oleh para juri/pewawancara mempunyai maksud dan tujuan tertentu. Yang pasti, wawancara ini ingin memastikan bahwa pemberi beasiswa akan mendapatkan kandidat terbaiknya sebagai penerima beasiswa.

foto dok. republika.co.id

Hal ini dikarenakan, salah satunya, jumlah beasiswa yang tersedia biasanya lebih sedikit dibandingkan dengan pelamar. Karena itu, seleksi dalam bentuk wawancara merupakan salah satu yang menentukan diterima tidaknya seseorang untuk mendapatkan beasiswa. Yang harus diketahui adalah, pemberi beasiswa tidak hanya mencari mereka yang pandai berbahasa asing atau pintar secara akademik, meskipun kedua faktor tersebut menjadi poin penting yang dipertimbangkan terlebih dulu.

Ada yang lebih penting dari hal lain dalam wawancara, yaitu kesediaan seseorang untuk mengabdikan ilmu yang diperolehnya kepada orang lain, baik masyarakat dalam kelompok tertentu maupun masyarakat secara umum. Ini adalah poin paling penting yang harus diingat pelamar beasiswa. Beasiswa bukanlah uang yang diberikan secara cuma-cuma. Beasiswa adalah sebuah “utang” bagi penerimanya. Setelah menyelesaikan pendidikan dengan beasiswa, sang penerima harus mengembalikan “utang” tersebut kepada masyarakat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk memastikan bahwa penerima beasiswa akan membayar “utang” tersebut, para juri/pewawancara akan menanyakan hal tersebut dalam sesi wawancara. Nah, bagaimana bentuk pertanyaan tersebut? Ini dia.

Pertanyaan terkait dengan “bayar utang” tersebut di antara muncul sebagai berikut :

1. Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam 10 tahun dari sekarang?

2. Bagaimana Anda akan mengabdikan ilmu yang Anda setelah selesai studi?

3. Apa karier yang Anda harapkan setelah Anda menyelesaikan pendidikan (dengan beasiswa)?

4. Bagaimana ilmu Anda akan bermanfaat bagi negeri ini?

5. Apakah Anda akan kembali ke institusi sekarang setelah menyelesaikan kuliah? Mengapa?

Perhatikan bahwa, sebagian pertanyaan di atas tidak secara tegas bertanya mengenai cara Anda akan “membayar utang” tersebut. Sebagian pertanyaan itu justru mengenai karier Anda setelah selesai studi. Tapi justru di sanalah jebakannya. Jika Anda ingin lolos dalam wawancara beasiswa tersebut, pastikan jawaban Anda mengenai karier atau masa depan Anda, menyebutkan mengenai masyarakat dan peran Anda di masyarakat. Setinggi apapun karier Anda.

Sebagai contoh, jawaban no 1 : Dalam 10 tahun depan, saya melihat diri saya adalah seorang manajer di sebuah perusahaan telekomunikasi yang menangani mengenai jaringan. Dengan ilmu yang saya peroleh dari beasiswa ini, saya percaya saya bisa lebih cepat mencapai posisi tersebut dan jika saya berada di posisi tersebut, akan lebih mudah bagi saya untuk memetakan kebutuhan jaringan di daerah terpencil yang saat ini mengalami kendala sinyal yang lemah atau bahkan belum terhubung dengan jaringan internet. Jika daerah terpencil bisa dijangkau untuk internet, diharapkan kehidupan di daerah tersebut bisa lebih maju dan lebih aktif sehingga kesejahteraan di daerah-daerah tersebut meningkat. Hal ini dikarenakan mudahnya komunikasi dengan berbagai pihak.

Untuk no 2, seandainya pelamarnya adalah wartawan yang rata-rata tidak mempunyai jenjang karier fungsional maka jawabannya kurang lebih sebagai berikut : dengan beasiswa ini, saya mendapat kesempatan untuk menambah ilmu saya di bidang jurnalistik dan komunikasi. Sekembalinya saya ke Tanah Air, saya akan menjadi jurnalis yang lebih baik dalam menulis dan mengabarkan berita kepada masyarakat. Jika masyarakat mendapat informasi yang benar, mereka akan menjadi lebih mudah mengambil keputusan dalam hidup mereka. Selain itu, dengan mereka membaca berita yang benar, mereka menjadi lebih terdidik dan lebih memahami segala situasi yang terjadi.

Dapat dilihat bahwa jawabannya sederhana tetapi mengena. Jawaban seperti itulah kurang lebih yang diharapkan. Jadi, punya tujuan jelas dan realistis untuk diwujudkan. Jawabannya tidak di awang-awang alias sulit diimplementasikan. Nah, selamat bersiap untuk wawancara beasiswa ya.

Berita Terkait

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Image

Tips Menulis Personal Statement

Image

Kuliah S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Bisa Banget

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image