Beasiswa S1 di Kampus-Kampus Terbaik ASEAN

Umum  

Tak banyak beasiswa untuk jenjang pendidikan sarjana S1 (bachelor) bagi orang Indonesia ke luar negeri. Dari yang tidak banyak itu, salah satunya adalah ASEAN-Maybank Scholarship. Program ini diluncurkan mulai 2022 dan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mereka yang secara ekonomi kurang mampu agar dapat mengakses pendidikan berkualitas tinggi.

dokumen republika.co.id

Pemberian beasiswa yang meliputi semua biaya pendidikan dan biaya hidup ini juga dimaksudkan untuk medukung program ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint 2025 yaitu untuk memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata, serta dalam mendukung Grup Maybank untuk “meningkatkan kehidupan 1 juta rumah tangga di seluruh ASEAN pada tahun 2025” sebagai satu kesatuan komitmen keberlanjutan Grup Maybank yang baru-baru ini diumumkan.

Beasiswa ini dibiayai oleh Maybank Foundation tetapi proses seleksinya dilakukan bersama dengan sekretariat ASEAN dan ASEAN foundation. Tujuan beasiswa ini adalah melahirkan generasi muda di ASEAN yang berkualitas dan pemimpin masa depan yang berkelanjutan. Untuk tempat belajar para penerima beasiswa ini, ada 30 kampus di ASEAN yang berlokasi di 10 negara anggota ASEAN. Kantor sekretariat ke-30 universitas ini adalah di Chulalongkorn University di Bangkok.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Yang membedakan antara beasiswa ini dengan beasiswa yang lain adalah kesempatan untuk magang (internship) dan holiday break assingment program. Para penerima beasiswa ini mendapatkan penugasan untuk magang di Sekretariat ASEAN, ASEAN Foundation, dan kantor Maybank regional. Para penerima beasiswa juga dapat berpartisipasi sebagai relawan di program Yayasan Maybank sudah berjalan di wilayah masing-masing.

Sebelum benar-benar masuk ke kampus dan memulai belajarnya, para pelamar yang terpilih dalam beasiswa ini akan mengikuti program orientasi yang bertujuan untuk membantu mereka memahami lingkungan universitas, peluang pendidikan, nilai dan fungsi universitas, dll.

Sementara dana beasiswa yang diberikan meliputi :

§

a) Cakupan biaya kuliah (penuh selama masa studi).

b) Tunjangan untuk gaji bulanan + akomodasi.

c) Tunjangan menetap.

d) Transportasi pulang pergi dari dan ke negara asal.

e) Subsidi biaya kesehatan (rawat jalan), asuransi kecelakaan dan biaya tak terduga lainnya.

Beasiswa ini dibuka dan ditutup pada April dengan waktu yang sangat singkat. Karena itu, bagi mereka yang berminat harus mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari termasuk untuk kemampuan bahasa asing.

Berikut adalah syarat khusus untuk para pelamar beasiswa ini.

l Warga negara salah satu dari sepuluh Negara Anggota ASEAN

l Memiliki kualifikasi akademik yang sangat baik dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler

l Lulus dengan studi pra-universitas dengan CGPA minimum 3,00 atau setara

l Bidang studi terdaftar di antara disiplin program yang disetujui

l Menerima surat penerimaan atau surat penawaran dari universitas dalam keanggotaan Jaringan Universitas ASEAN

Nah, untuk memenuhi syarat di atas setidaknya satu tahun sebelumnya harus dilakukan persiapan baik dokumen maupun keahlian berbahasa asing. Bahkan untuk perstasi akademik dan kegiatan ekstrakurikuler harus sudah dimulai sejak beberapa tahun sebelumnya.

Info lebih lanjut bisa mengakses link berikut : https://www.aseanfoundation.org/asean_maybank_scholarship_2022

Berita Terkait

Image

Lima Peluang Kerja Paruh Waktu di LN

Image

6 Beasiswa yang Terbangkan Kita ke Korea Selatan

Image

Enam Pilihan Beasiswa Ke Inggris Selain Chevening

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image