Cek, 11 Tempat Wajib Dikunjungi di Swiss

Melancong  

Sejak lama Swiss menjadi salah satu negara terkenal untuk dikunjungi para pelancong dari seluruh dunia. Selain tempat yang indah, keunggulan lokasi-lokasi wisata di Swiss adalah mudahnya dijangkau oleh transportasi publik, baik kereta api, sepeda, perahu, mobil bahkan berjalan kaki.

Menurut situs lonely planet, ada 11 tempat wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan jika berada di Swiss. Apa saja? Kita cek satu persatu.

1. Jungfrau Region

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Daerah Jungfrau adalah yang terbaik untuk pegunungan dataran tinggi. Di sini, puncak setinggi langit, gletser, dan air terjun yang bergemuruh membuat Anda tercengang ke mana pun Anda pergi. Karena itu, Anda akan menyesal jika tidak berkunjung ke tempat salju abadi berada di stasiun kereta tertinggi di Eropa. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah hiking, bermain ski, menyaksikan air terjun hingga beragam olahraga ekstrem seperti terjung payung, panjat es atau bungee jumping.

2. Bern

Ini adalah kota tua abad pertengahan berbatu dan merupakan warisan budaya UNESCO yang ditutup dengan arkade sepanjang 6 km, serta dilengkapi toko-toko dan bar bawah tanah. Kita juga bisa menemukan tokoh rakyat yang fantastis di atas air mancur abad ke-16 dan Zytglogge yang memukau. Kota ini dibelah oleh Sungai Aare yang berwarna pirus dan beratap merah hingga akan terlihat sangat bagus di semua sudut kota. Pada musim panas, para wisatawan bisa bermain di atas sungai dengan kegiatan berenang, tubing, arung jeram, dan mendayung di sepanjang Sungai Aare.

3. Danau Jenewa

Berada di lekukan barat Swiss, Danau Jenewa yang berbentuk bulan sabit mempunyai latar belakang gunung dengan kebun-kebun anggur dan garis pantai yang dikelilingi oleh kota-kota yang indah dan kota-kota bermahkota kastil.

Kota yang ditandai dengan air mancur Jet d’Eau ini dilengkapi dengan museum dan galeri besar untuk dinikmati, kebun raya untuk berjalan-jalan, lido untuk berenang, kafe Kota Tua untuk nongkrong, dan mouette kuning cerah yang mengangkut penduduk setempat melintasi air.

4. Zermatt

Ini adalah ikon gunung Swiss, yang sangat dicintai oleh bangsanya sehingga menginspirasi bentuk piramida cokelat Toblerone. Di sini, para fotografer tak akan pernah melepaskan kameranya untuk memotret berbagai mone seperti saat matahari terbenam, matahari terbit, di jalan setapak dan kereta gantung, di bawah sinar matahari, salju, dan dari setiap sudut yang tak boleh diabaikan. Di sini adalah tempat terbaik untuk kegiatan outdoor.

5. Swiss National Park

Ya, memang Swiss hanya memiliki satu taman nasional saja. Tapi percayalah, taman ini bagus. Taman Nasional ini terpencil di perbatasan dengan Italia dengan luas 172 km persegi. Dalam perjalanan menuju taman ini kita akan melihat Pegunungan Alpen, tontonan alam-liar dari dataran tinggi, hutan, padang rumput, air terjun, permata -danau dan gunung berwarna setinggi langit, tempat ibex, chamois, marmut, rusa, dan elang emas berkeliaran dan terbang bebas. Di sini aturan satwa liar dan campur tangan manusia dijaga seminimal mungkin yang didorong oleh konservasi.

6. Bellinzona

Dengan kastil abad pertengahan yang menjulang tinggi dan Pegunungan Alpen yang menjulang tinggi, Bellinzona yang cantik, ibu kota Ticino, adalah cita rasa makanan dan budaya terbaik Italia di Swiss.Aktivitas paling utama di sini adalah melihat beragam kastil di antaranya Castelgrande yang berada di puncak bukit. Pastikan Anda membawa air minum yang cukup dan mengenakan sepatu yang nyaman untuk ke sana. Nikmati juga restoran terbaik di sini.

7. Jura Mountains & Lac de Neuchâtel

Di perbukitan berhutan gelap di sepanjang perbatasan Prancis-Swiss, Pegunungan Jura adalah keajaiban alam. Wilayah yang selalu damai ini memiliki keindahannya sendiri: padang rumput hijau, hutan kuno, singkapan berbatu yang menghadap ke trio danau dengan latar belakang Alpen, serta desa dan lembah yang lambat yang tidak banyak berubah selama berabad-abad.

Dari mana untuk memulai? Dengan perjalanan darat. Mulailah di Jura Vaudois Nature Park untuk mendaki dengan pemandangan Danau Jenewa dan mencicipi keju Gruyère di pondok pedesaan Alpin. Dari sini, melangkah ke utara ke Lac de Joux, desa pembuat jam tangan Le Sentier, dan Vallorbe, dengan gua batu kapur terbesar (dan paling mengesankan) di Swiss. Lanjutkan perjalanan ke Lac de Neuchâtel dan Anda dapat mandi di air panas Yverdon-les-Bains.

8. Appenzell & the Northeast

Terletak di timur laut negara yang jarang dijelajahi, wilayah berukuran mungil ini sangat cocok untuk liburan keluarga dengan sentuhan budaya dan petualangan ringan. Anda dapat memulai dari St Gallen, dengan memutar Stiftsbibliothek (Perpustakaan Biara) yang merupakan warisan dunia, keajaiban sastra, dan pesta seni dan arsitektur rococo. Dari sana, lanjutkan ke Appenzell yang sederhana dan sangat cantik dan mampir ke Schaukäserei untuk mencicipi keju lokal.

Melangkah lebih jauh ke selatan ke Pegunungan Alpen, naik ke ketinggian 2501 meter Säntis untuk melihat pemandangan enam negara, lalu menuju ke Werdenberg, dusun kecil abad pertengahan yang menjadi rumah bagi pondok kayu tertua di Swiss. Di dekatnya adalah Vaduz, ibukota Liechtenstein yang memiliki puncak kastil di tepi sungai Rhine.

9. Jean Tinguely Fountain, Basel, Switzerland

Dari segi popularitas, Basel tua nyaris tidak terlihat. Tapi itu kesalahan. Basel memiliki segalanya. Seni kelas dunia di beberapa galeri terbaik di negara itu, pemandangan makanan panas, bangunan avant-garde dengan ciri khas arsitek pemenang Hadiah Pritzker, dan budaya kafe yang ceria. Ada energi nyata di kota yang berbatasan dengan tiga negara ini, yang telah berkembang pesat di bidang industri biotek dan farmasi.

Luangkan waktu beberapa hari untuk menjelajahi pusat kota ini, dengan tempat yang wajib dikunjungi termasuk Kunstmuseum dan koleksi seni rupa, Fondation Beyeler yang dirancang oleh Piano Renzo, dan Museum Desain Vitra yang dirancang oleh Frank Gehry.

10. Danau Lucerne

Kota kecil ini jauh melampaui bobotnya secara budaya, dengan jembatan abad pertengahan yang ikonik, Kapellbrücke, yang melintasi Sungai Reuss, pusat seni KKL yang dirancang Jean Nouvel, dan Sammlung Rosengart, yang menyimpan koleksi pribadi Picassos yang berharga. Berjalan melewati hotel-hotel époque primadona yang berjajar di tepiannya, pemandangan yang sama yang memikat Goethe, Ratu Victoria, dan Wagner di abad ke-19 akan membuat Anda terpesona.

11. Zurich

Kota ini rutin menduduki peringkat teratas dalam survei kualitas hidup. Denyut kehidupan di kota ini tak pernah ketinggalan : dari bar tepi sungai yang sejuk di tepi Sungai Limmat hingga Kota Tua yang dijalin gang, tempat Grossmünster Romawi berpuncak kembar bersinar bersama Augusto Pelangi kaca patri Giacometti.

Zürich memiliki sedikit dari segala sesuatu yang membuat Swiss istimewa: latar belakang danau yang dramatis dan pegunungan Alpen yang terukir di cakrawala, restoran di pereng gunung, bar dan kafe yang luar biasa, ruang konser dan galeri (paling tidak Kunsthaus) dan taman yang rindang tepi danau memberikan kontras yang tenang dengan hiruk pikuk pusat. Setiap pertengahan Agustus, Zurich mengadakan salah satu pesta paling liar di Swiss : Parade Jalanan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Ini Dia Jenis Beasiswa, Jangan Terkecoh

Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image