Mengapa Kuliah di Malaysia?

Umum  

Di masa lalu, orang Malaysia banyak yang menuntut ilmu di Indonesia. Namun sekarang kondisinya justru terbalik. Banyak orang Indonesia yang mencari ilmu di negeri jiran tersebut. Apa kelebihan Malaysia sehingga kita perlu mempertimbangkan negara Upin-Ipin untuk lanjut studi? Simak yuk.

1. Kuliah tanpa uang pangkal dan uang bangunan

Berbeda dengan banyak kampus di Indonesia, kampus-kampus di Malaysia tidak mengenakan biaya uang pangkal dan uang bangunan kepada mahasiswa barunya. Jadi yang dibayar hanya biaya kuliah (tuition fee) saja. Ini tentu membuat biaya kuliah menjadi lebih murah ya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Banyak kampus negeri dan level dunia

Di Malaysia, jumlah kampus negeri di berbagai lokasi jumlahnya banyak. Hal ini menjadi pilihan yang cukup memadai bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke sana. Kita bisa memilih jurusan yang tersedia dan kampus yang ingin dituju. Selain itu, banyak universitas di Malaysia yang masuk ranking dunia yang menunjukkan kualitas yang memadai.

3. Biaya hidup terjangkau

Biaya hidup di Malaysia relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya hidup di negara-negara seperti Inggris, Australia dan Singapura. Sementara dari sisi kualitas, pendidikan di Malaysia tidak kalah dengan di negara-negara tersebut.

4. Kualitas pendidikan yang kompetitif

Kuliah di Malaysia memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan pengalaman internasional karena banyak mahasiswa dari negara lain, selain orang Malaysia sendiri. Selain itu, kualitas pendidikannya pun bersaing. Mereka menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk perkuliahan meskipun untuk tugas akhir (skripsi/tesis) ada yang masih mensyaratkan bahasa Melayu.

5. Jaraknya dekat dengan Indonesia

Ini adalah alasan yang sederhana tapi perlu dipertimbangkan. Banyak orang yang tidak bisa jauh dari kampung halamannya, dengan berbagai alasan. Karena itu, kuliah di Malaysia bisa menjadi pilihan untuk studi berkualitas tetapi tidak terlalu jauh dari Indonesia. Hal ini berdampak pula pada biaya pulang-pergi yang terjangkau dibandingkan jika kita melanjutkan studi di negara lain.

6. Masuk Tanpa Tes

Nah ini juga menjadi kelebihan ya.. kita bisa kuliah di universitas di Malaysia tanpa harus mengikuti tes masuk atau ujian saringan. Yang diperlukan hanya syarat bahasa dan ijazah sebelumnya. Jadi, kalau kita serius mendaftar dan memenuhi persyaratan administrasi, maka kita pasti diterima.

7. Negara Teraman di Asia Nomor Dua

Ini juga penting untuk menjadi pertimbangan bagi kita yang ingin merantau. Malaysia adalah negara teraman nomor dua di Asia. Artinya, kita bisa tenang untuk studi di negeri jiran ini.

Ingin tahu lebih banyak mengenai studi di Malaysia, Anda bisa menghubungi Education Malaysia Indonesia yang berkantor di Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia di kawasan Kuningan, Jakarta. Di sana, informasi mengenai pendidikan ke Malaysia bisa diperoleh secara gratis. (Arbaiyah Satriani)

Berita Terkait

Image

Mari Berkenalan dengan Profesi 'Project Manager'

Image

Kenali Jenis Tes Bahasa untuk Beasiswa

Image

Cari Beasiswa ke Rusia Yuk

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Bakso Iga Penggugah Selera

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image