Strategi Jitu Datangi Pameran Pendidikan

Umum  

Mendatangi pameran pendidikan adalah hal yang perlu dilakukan oleh mereka yang ingin mendapatkan informasi mengenai beasiswa, terutama untuk studi ke luar negeri. Memang, saat ini, informasi bisa diperoleh dengan berselancar di dunia maya. Kita klik kata kunci yang diperlukan dan informasinya akan muncul dalam hitungan detik.

Namun mendatangi pameran pendidikan memberikan informasi yang berbeda dibandingkan dengan hanya berselancar di internet. Dalam pameran pendidikan, kita berkomunikasi langsung dengan pemberi informasi,. Kita juga bisa menanyakan hal-hal yang mungkin sulit disampaikan secara online atau jika ada pertanyaan spesifik yang ingin diajukan.

Hanya saja, seringkali kita menghadapi persoalan dengan pameran pendidikan ini. Pameran jenis apa yang harus kita datangi, bagaimana membedakan antara pameran pendidikan yang berisi hanya informasi tanpa beasiswa dengan pameran yang berisi informasi beasiswa, dan kapan sebaiknya datang ke pameran pendidikan. Yuk, simak informasi berikut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jenis Pameran Pendidikan

Secara umum, ada dua jenis pameran pendidikan. Yaitu pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh agen pendidikan luar negeri. Biasanya, disebutkan nama penyelenggaranya yaitu para agen pendidikan tersebut. Sedangkan pesertanya biasanya adalah agen-agen pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Dalam pameran ini, yang ditampilkan adalah informasi kampus yang ada di berbagai negara sekaligus jurusan-jurusan yang ditawarkan. Jika ada informasi beasiswa, mereka umumnya hanya menawarkan ‘partial scholarship” atau beasiswa parsial. Misalnya potongan sekian persen dari tuition fee, atau potongan sekian ribu dolar pada semester sekian, dsb.

Yang harus diingat adalah bahwa “beasiswa” itu bukanlah beasiswa yang kita cari. Itu hanya gimmick iklan untuk menarik peminat mendaftar. Biasanya, yang disasar oleh peserta pameran seperti ini adalah mereka yang akan membiayai sendiri kuliahnya - bukan pencari beasiswa.

Bagi para pencari beasiswa, pameran pendidikan yang harus dicari adalah pameran pendidikan yang diikuti oleh berbagai lembaga/institusi pemberi beasiswa. Misalnya, Kementerian Pendidikan, LPDP, Australia Awards, Stuned, DAAD, dll yang merupakan lembaga penyalur beasiswa penuh (full scholarship). Jadi, jangan sampai keliru ya.. Pastikan mengecek dulu, siapa peserta pameran baru kemudian jadwalkan untuk hadir jika sudah jelas informasinya.

Kapan Saat Terbaik untuk Tiba di Pameran?

Pastikan kita tiba di awal waktu pembukaan pameran. Hal ini dikarenakan, semua informasi masih lengkap, baik berupa booklet, maupun souvernir yang menarik. Selain itu, yang terpenting, orang-orang penting dari lembaga pemberi beasiswa, biasanya hadir saat awal pembukaan pameran. Dari mereka ini biasanya informasi bisa diperoleh lebih valid dan lebih baru. Karena itu, saat terbaik untuk tiba di lokasi pameran adalah saat pembukaan atau awal pameran. Jika pameran berlangsung selama 2-3 hari, pastikan mengecek jadwal-jadwal penting sehingga bisa mengikuti sesi informasi yang diperlukan.

Jika sudah paham informasi seperti ini, pastikan Anda tidak terlewat informasi mengenai pameran pendidikan di kota Anda atau kota terdekat yaa.. (Arbaiyah Satriani)

Berita Terkait

Image

Yang perlu diketahui tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia

Image

Penasaran Tes IELTS Computer Based?

Image

Tujuh Pertanyaan yang Wajib Diajukan Saat Pameran Pendidikan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Bakso Iga Penggugah Selera

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image