Tujuh Tips untuk Kamu Pindahan

Tips  

Pindah ke tempat baru menimbulkan keresahan pada mereka yang harus menjalaninya, entah karena dipindahkan oleh kantor, mendapat tawaran kerja baru atau alasan lainnya. Tentu saja ini tidak mudah. Kehidupan yang sudah berlangsung bertahun-tahun harus dibangun ulang di tempat baru, harus kembali melalui proses adaptasi yang tidak sebentar.

Apabila memang tidak bisa dihindari, sebaiknya Sobat Calakan mulai menyusun rencana kepindahan dari sekarang. Tetap tenang dan berpikir positif. Anggap ini kesempatan kedua yang tidak didapatkan semua orang.

Berikut beberapa poin yang perlu disiapkan sebelum kepindahan:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Anggaran kepindahan.

Proses kepindahan biasanya memakan biaya besar karena banyaknya hal yang tak terduga. Beberapa perusahaan menyediakan tunjangan kepindahan, ada juga yang tidak. Bagaimana pun keadaannya, kita tetap perlu mengendalikan pengeluaran. Awal perjalanan baru nanti bisa jadi membutuhkan banyak dana, jangan sampai kita jor-joran di depan tanpa memperhitungkan hal-hal yang menanti di belakang. Berikut beberapa poin yang perlu diperhitungkan saat menyusun anggaran:

a. Ongkos transportasi dan biaya makan di perjalanan.

b. Ongkos angkut barang dan kendaraan.

c. Biaya sewa tempat tinggal.

d. Biaya hidup selama masa transisi

e. Dana darurat.

2. Mencari informasi tempat tinggal

Sewa rumah, apartemen, atau kamar kos? Pilihan tempat tinggal perlu dipertimbangkan berkaitan dengan barang-barang yang diperlukan di tempat baru. Menyewa kamar kos bisa jadi lebih ekonomis, tapi ruang yang disediakan biasanya lebih kecil. Ada juga rumah dan apartemen yang disewakan dengan furnitur lengkap. Tarifnya memang lebih mahal, tapi pilihan ini bisa jadi solusi jika kita ingin menghemat biaya angkut barang.

Jangan lupa cari tahu tentang lokasinya. Berapa jauh jarak dari tempat kerja dan sekolah anak-anak? Apakah langganan banjir? Bagaimana dengan fasilitas umum seperti PDAM, apakah lancar? Bagaimana keamanannya? Mendapatkan tempat tinggal ideal memang tidak mudah. Karena itu, jangan mendadak. Pikirkan dengan seksama untuk mempertimbangkan pilihan yang ada demi kenyamanan kita dan keluarga.

3. Mencari informasi sekolah anak-anak

Setiap orang tua tentu ingin memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya. Sebagai orang tua yang akan membawa anak-anak pindah, ada baiknya kita menggali informasi dari jarak jauh melalui akun resmi media sosial sekolah, forum diskusi, artikel berita, dll. Psst Rekomendasi terbaik biasanya justru diperoleh dari forum diskusi tidak resmi, loh!

4. Mempertimbangkan kebutuhan kendaraan

Apakah kendaraan yang ada perlu dibawa di waktu yang sama dengan kepindahan kita? Atau dikirim menyusul setelah kita tiba di tempat baru? Atau mungkin malah tidak perlu membawa kendaraan tersebut pindah? Ongkos kirim kendaraan termasuk komponen biaya pindah terbesar. Sebagai alternatif, sementara waktu kita bisa menggunakan kendaraan umum seperti ojek online, atau membeli kendaraan bekas dari penduduk lokal.

5. Memilah perlengkapan rumah tangga

Ini dia proses yang paling memakan waktu. Memilah barang yang akan dibawa dan ditinggalkan–entah dijual atau diberikan pada kerabat. Mungkin benar bahwa semua barang yang dimiliki saat ini adalah hasil kerja keras yang tidak bisa dianggap sepele. Tetapi tidak bisa juga membawa semua karena besarnya biaya yang mesti dikeluarkan untuk mengangkutnya. Karena itu, anggap saja ini adalah momen tepat untuk memulai hidup yang lebih rapi dengan hanya memiliki barang-barang yang benar-benar kita perlukan.

6. Memilih angkutan barang

Persaingan dunia ekspedisi semakin marak belakangan ini. Layanan yang tersedia semakin beragam seperti: jasa pindahan seisi rumah, sewa truk, sewa kontainer, kargo ekonomis per minimal berat tertentu, jasa kirim kendaraan, dsb. Sesuaikan pilihan layanan ekspedisi dengan anggaran yang sudah kita buat sejak awal. Jangan lupa untuk mengecek kredibilitas perusahaan ekspedisi tersebut–kesanggupan waktu pengiriman, jaminan keamanan barang, juga testimoni pelanggannya.

7. Persiapkan mental

Berharaplah yang terbaik. Namun tetap siapkan diri untuk kemungkinan terburuk. Sobat Calakan akan menghadapi lingkungan baru, kenalan baru, juga kebiasaan baru. Semua itu mungkin sama sekali berbeda tetapi belum tentu lebih buruk. Yang diperlukan adalah beradaptasi. Yakinkan diri bahwa kita akan bisa melewati ini. Pikiran positif akan membangkitkan semangat, sehingga langkah kita akan terasa ringan.

Nah, sudah siap untuk pindahan? Semangat ya! (Lisa Indriana)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image