Mari Berkenalan dengan Profesi 'Project Manager'

Umum  

Pernah membaca iklan lowongan pekerjaan untuk posisi Kepala Proyek atau Project Manager? Mungkin Sobat Calakan membayangkan pekerja lapangan dengan sepatu bot dan helm proyek. Namun tidak selalu demikian, loh. Jadi gimana dong? Yuk, kita kenali lebih jauh.

Suatu proyek adalah kegiatan yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu untuk mencapai suatu tujuan, dengan kesepakatan titik awal dan akhir. Proyek ini berlangsung di luar kegiatan rutin organisasi. Artinya, semua orang pasti pernah mengerjakan suatu proyek dalam hidupnya. Bentuk proyek sangat beragam, mulai dari yang sederhana seperti menyiapkan hidangan hari raya, persiapan ujian sekolah, persiapan prosesi akad nikah, hingga yang masif seperti seleksi CPNS, pembangunan jalan tol, pembangunan jaringan IT, juga rekonstruksi sumur minyak. Semakin besar proyek yang dikerjakan, semakin pelik permasalahannya, semakin banyak personel yang terlibat, semakin tinggi pula kualifikasi Project Manager yang dibutuhkan.

Namun secara garis besar, keahlian (skills) yang harus dimiliki Project Manager adalah:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Kemampuan berkomunikasi.

2. Kemampuan bernegosiasi.

3. Kemampuan melakukan manajemen waktu.

4. Kemampuan melakukanmManajemen risiko.

5. Bisa menyelesaikan masalah dengan baik (Problem solving).

6. Memiliki pemahaman teknis yang baik.

7. Memiliki Jiwa kepemimpinan (yang biasanya menjadi poin paling penting).

Pertanyaannya kemudian, siapa yang bisa menjadi seorang Project Manager dalam suatu pekerjaan? Ternyata, mereka yang lulusan dari bidang di luar program studi manajeman bisa menjadi Project Manager. Dengan kata lain, latar belakang pendidikan apa pun bisa menempati posisi Project Manager asalkan sesuai dengan proyek yang dikerjakan. Seiring perkembangan dunia usaha, muncul sebuah organisasi profesional yang menciptakan standar khusus agar profesi ini bisa bersaing secara global, yaitu Project Management Institute (PMI).

Lembaga PMI ini menyediakan pelatihan dan sertifikasi bagi para Project Manager dengan nama Project Management Professional (PMP) Certification sehingga kemampuan mereka bisa diakui secara luas, dan kesempatan bekerja pun terbuka lebar. Seluruh materi dalam program ini disampaikan dalam bahasa Inggris. Jadi pastikan masalah bahasa Inggris ini tidak akan menjadi hambatan, ya. Jika perlu, lakukan les bahasa Inggris di tempat-tempat pelatihan bahasa asing dan pastikan mempunyai skor bahasa Inggris yang memadai.

Secara garis besar, berikut persyaratan untuk dapat mengikuti program sertifikasi di PMI:

1. Minimal lulusan D-4 atau setara.

2. Pernah mengepalai proyek selama total minimal 36 bulan.

3. Bersedia mengikuti 35 jam pelatihan Project Management dari lembaga yang diakui PMI. ( www.pmi.org ).

Nah, apakah profesi ini menarik minat bagi Sobat Calakan? Meski ada standardisasinya, kemampuan Project Management adalah soft skills unik yang terasah oleh pengalaman. Dari segi pendapatan, tangga awal profesi ini mungkin menawarkan imbal yang relatif rendah. Namun seiring semakin banyaknya proyek yang dikerjakan, semakin tajam nalar terasah, semakin luas jaringan kerja, semakin tinggi pula kemampuan kita akan semakin dihargai. (Lisa Indriana)

Berita Terkait

Image

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Image

Kenali Jenis Tes Bahasa untuk Beasiswa

Image

Cari Beasiswa ke Rusia Yuk

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Bakso Iga Penggugah Selera

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image