Lezatnya Sate di Sumedang

Kuliner  

Selama ini jika orang Jawa Barat mengatakan sate enak, umumnya pikiran akan tertuju ke daerah Purwakarta yang terkenal dengan sate marangginya. Namun, tahukah Sobat Calakan, kalau di Sumedang juga ada sate yang enaknya tak kalah dengan sate Purwakarta?

Salah satu tempat makan sate legendaris di Sumedang adalah Rumah Makan (RM) Sederhana Hj Erat. Di sini menu utamanya adalah sate dan sop kambing dan sapi muda. Jangan tanya rasanya, lezat banget!

Satu hal lain yang perlu menjadi catatan. Bagi mereka yang tidak sempat makan langsung di tempat, sate dari sini bisa dibungkus, dibawa pulang dan makan di rumah. Rasanya? Tetap enak dan tidak berubah sama sekali. Tentu saja, makan di tempat akan lebih sip karena masih hangat. Tapi membeli untuk dibawa pulang ke rumah di luar Sumedang, sate ini tetep menjanjikan rasa yang nikmat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Satu tusuk sate kambing harganya Rp 4.500. Harganya memang lebih tinggi dibandingkan sate sejenis atau hanya sedikit di bawah sate maranggi yang terkenal di Purwakarta. Tapi, sate ini ukurannya besar dan bumbunya sangat meresap. Harga ini sesuai dengan rasanya.

Untuk bumbu yang diberikan bisa berupa bumbu kacang maupun bumbu kecap yang sudah ditaburi bawang merah dan cabai rawit. Ada juga tersedia acar timun-wortel.

Lokasi RM Sederhana Hj Erat (pusat) adalah di Jalan Tampomas No 30, Sumedang. Jalan ini berada di sebelah Jalan P Geusan Ulun yang merupakan jalan utama di Sumedang. Jika masih bingung untuk menemukannya, Sobat Calakan bisa bertanya kepada tukang parkir di kawasan Jalan Geusan Ulun, mereka akan memberi tahu lokasi yang tepat. Mengapa? Karena rumah makan ini memang terkenal sehingga banyak yang tahu. Konon, sate Hj Erat ini sudah ada sejak tahun 1970-an.

Selain di Jalan Tampomas, ada juga cabang RM Sederhana Hj Erat di Jalan Pandai Kebonkol. Sobat Calakan bisa pilih yang lebih dekat untuk dituju.

Jadi, kalau mau makan sate enak di Sumedang, sudah tahu ya harus ke mana. (Arbaiyah Satriani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image