Menjajal Seksi I Tol Cisumdawu

Serba Serbi  

Mencoba sesuatu yang baru selalu menyenangkan. Apapun itu, termasuk mencoba sepotong ruas jalan tol yang belum lama ini diresmikan: Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1. Tol Seksi 1 ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Cileunyi-Jatinangor dan ruas Cileunyi - Pamulihan. Begitu juga sebaliknya. Panjang jalan ini adalah 11,4 km.

Tol Cisumdawu ini rencananya sepanjang 62 km dari pintu Tol Cileunyi hingga ke pertemuan ruas Tol Cipali di Kabupaten Majalengka. Seksi 1 dari Tol Cisumdawu ini sudah diresmikan sejak 24 Januari 2022 dan mulai berbayar sejak 11 Februari 2022. Dengan adanya tol ini perjalanan dari Bandung ke Sumedang kota maupun ke Jatinagor bisa lebih cepat karena menghindari kemacetan yang umumnya terjadi di kawasan Cibiru, Jatinangor hingga ke tanjakan Tanjungsari.

Nah, bagaimana rasanya melintasi jalan tol baru ini?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Karena masih baru, jalan tol ini terasa sangat berangin (jika kita membuka jendela kendaraan). Pada bagian kanan dan kiri jalan tol masih banyak yang berupa tanah kosong. Ada beberapa bangunan dan kebun tetapi hal tersebut tidak menghalangi angin yang berembus kencang.

Pada Sabtu (5/3) sore saat melintasi jalan tersebut, jalanan kosong. Hanya satu dua kendaraan yang melintas ditambah dengan beberapa kendaraan patroli petugas.

Untuk masuk ke jalan ini, dari arah Bandung kita bisa masuk melalui pintu Tol Cileunyi. Kemudian putuskan, apakah kita akan keluar di pintu Tol Jatinangor atau di pintu Tol Pamulihan. Nah, jika keluar di pintu Tol Pamulihan, kita akan belok kiri untuk menuju arah Cadas Pangeran. Iya, Cadas Pangeran hanya beberapa ratus meter dari pintu Tol Pamulihan. Jadi masih cukup jauh untuk tiba di Sumedang kota.

Tetapi, bagaimanapun, Seksi 1 tol Cisumdawu ini memotong perjalanan yang biasanya diwarnai kemacetan di kawasan Cibiru, Cileunyi maupun Jatinangor dan Tanjungsari. Jika dari arah Sumedang, pintu Tol Pamulihan akan bisa diketahui dengan beberapa tanda jalan yang sudah dipasang. Jadi, tidak akan terlewat jika kita perhatikan tanda-tanda tersebut di pinggir jalan yang cukup ramai.

Perjalanan Pamulihan-Cileunyi hanya sekitar 10 menit saja. Sementara jika dilanjutkan ke pintu Tol Buahbatu maka perjalanannya sekitar 25 menit. Jadi sangat menghemat waktu. Tarifnya pun relatif murah, untuk Cileunyi - Pamulihan dan sebaliknya adalah Rp 12 ribu dan jika ke tol Buahbatu maka tarifnya menjadi Rp 16 ribu. Tertarik mencoba? (Arbaiyah Satriani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Step by Step Tes IELTS Computer Based

Bakso Iga Penggugah Selera

Mengapa Kuliah di Malaysia?

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image