Cari Beasiswa ke Rusia Yuk

Umum  

Kalau studi di Eropa atau Amerika terlalu mainstream, mengapa nggak coba yang berbeda? Misalnya, lanjutkan studi di Rusia iya, studi berbeasiswa ke negara paling luas dunia! Bayangkan, luasnya mencapai 17.125.200 km² dan membentang dari sebelah timur Eropa hingga ke utara Asia. Pasti akan jadi pengalaman yang seru!

Pemerintah Rusia memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3 bagi mereka yang berminat untuk menempuh pendidikan di sana. Untuk Indonesia sendiri jumlahnya lumayan banyak, lebih dari 150 beasiswa setiap tahunnya. Bahkan untuk 2022 yang pendaftaran sudah ditutup pada November 2021, pemerintah Rusia memberikan sebanyak 263 beasiswa karena tingginya minat pelamar dari Indonesia.

Yang lebih menarik lagi, ada kampus-kampus yang tidak mensyaratkan penggunaan bahasa Rusia sebagai pengantarnya alias menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Adapun jurusan kuliah yang bisa diambil di negeri federasi ini sangat beragam, termasuk jurusan musik dan teknologi informasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Di luar kampus berbahasa Inggris, secara umum kuliah di negara yang mata uangnya adalah Rubel Rusia ini, memang menggunakan bahasa Rusia. Namun jangan khawatir dulu Jika Anda mendapatkan beasiswa ke Rusia maka Anda hanya perlu bisa berbahasa Inggris, dengan skor minimal TOEFL ITP 500 saja. Kemampuan bahasa Inggris ini diperlukan untuk membantu Anda belajar bahasa Rusia selama setahun di sana, sebelum perkuliahan dimulai.

Maksudnya, untuk belajar bahasa Rusia Anda harus bisa bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah pengantar untuk belajar bahasa Rusia. Jadi, setiba Anda di negeri produsen film Masha and the Bear ini, Anda akan belajar bahasa Rusia setahun penuh. Setelah itu, barulah Anda akan masuk kampus untuk belajar sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Memang, beasiswa dari Pemerintah Rusia ini hanya memberikan biaya pendidikan (tuition fee), maintenance allowance dan dormitory accomodation. Tapi jangan khawatir, biaya hidup di Rusia relatif murah dan terjangkau. Jika dibandingkan dengan biaya hidup di ibukota Jakarta, maka biaya hidup di Moscow jauh lebih murah. Selain itu, Anda bisa bekerja di sana sehingga biaya hidup bisa terpenuhi dari hasil bekerja paruh waktu di sela perkuliahan.

Sebelum Anda berangkat ke Rusia dan ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai berbagai hal terkait Rusia, Anda bisa mengontak Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Rusia di kawasan Menteng, Jakarta melalui akun resminya di https://www.facebook.com/PKRusia/.

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa situs informasi mengenai studi di Rusia berikut ini :

https://studyinrussia.ru/en/study-in-russia/scholarships/

https://rwp.agency/programmy/uchis-v-rossii.php

https://id.rbth.com/kuliah-di-rusia/84078-langkah-registrasi-beasiswa-rusia-wyx

Nah, tunggu apalagi? Segera cek informasinya dan persiapkan diri untuk mendaftar beasiswa ke Rusia tahun ini. (Arbaiyah Satriani)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Ini Dia Jenis Beasiswa, Jangan Terkecoh

Perlukah Kita Kursus Bahasa Asing?

Kisi-Kisi Pertanyaan Wawancara Beasiswa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image