Mengenal Beragam Jenis Tes TOEFL

Umum  

Sudah pada tau dong ya, kalo mau studi ke luar negeri, kita perlu bisa bahasa asing, khususnya bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai tes bahasa Inggris yang namanya TOEFL atau merupakan singkatan dari Test of English as Foreign Language.

Untuk diketahui, ada tiga macam jenis tes TOEFL yang lazim kita temukan di Indonesia. Berikut penjelasannya.

1. Institutional Testing Program ( TOEFL ITP)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Merupakan tes TOEFL berbasis kertas (paper-based) dan biasanya digunakan untuk kebutuhan yang terbatas. Misalnya untuk mendaftar short course di beberapa negara tertentu, atau sebagai syarat untuk mendaftar tahap awal beasiswa internasional seperti Fulbright dan Australia Awards Scholarships (AAS). Beberapa lembaga pendidikan di Indonesia juga mensyaratkan hasil tes TOEFL ITP ini untuk ujian saringan masuk, atau untuk melamar pekerjaan.

Skor TOEFL ITP ini terdiri dari Listening, Structure dan Reading yang total skor terendahnya adalah 310 dan tertinggi 677. Meskipun diselenggarakan oleh lembaga di Indonesia tetapi soal TOEFL ITP ini bersumber dari Amerika melalui sebuah lembaga yang berafilisasi dengan ETS sebagai penyelenggara tes internasional. Karena itu, untuk mengikuti tes ini biasanya harus mendaftar jauh-jauh hari dan membayar sejumlah biaya berkisar antara Rp 550 ribu - 600 ribu per orang (tergantung lembaga penyelenggara).

Hasil tes dari TOEFL ITP ini biasanya baru bisa diketahui sekitar dua minggu sejak hari pelaksanaan tes. Untuk peserta tes yang mendapatkan skor minimal 480 barulah akan mendapatkan sertifikat tetapi untuk skor di bawah itu yang diperoleh hanyalah surat keterangan.

2. Internet Based Test ( TOEFL iBT)

Tes TOEFL ini merupakan tes yang hasilnya berlaku secara internasional saat ini. Dalam tes ini yang diujikan adalah kemampuan Listening, Reading, Writing dan Speaking. Sesuai dengan namanya, maka tes TOEFL ini dilakukan dengan komputer yang terhubung dengan internet di pusat penyelenggara tes. Biaya tes TOEFL iBT ini sekitar Rp 2,5 juta - 3 juta per orang atau lebih tepatnya harus mengecek kurs dolar terhadap rupiah pada saat tes ini diselenggarakan.

Skor untuk masing-masing kemampuan Listening, Reading, Writing dan Speaking adalah 30 sehingga jumlah skor tertinggi adalah 120. Jenis soal pada tes iBT ini sangat berbeda dibandingkan dengan TOEFL ITP. Umumnya, skor yang diminta oleh lembaga pendidikan di luar negeri untuk para calon mahasiswa yang mendaftar adalah 70-90.

Untuk mengikuti tes ini, peserta harus mendaftar secara online di lembaga-lembaga khusus yang menjadi penyelenggara. Pastikan untuk mengecek jadwal tes jauh-jauh hari karena tes ini tidak bisa dilakukan secara mendadak dan hasilnya pun tidak bisa cepat.

3. Prediction TOEFL

Ini adalah jenis tes yang sangat mirip dengan TOEFL ITP, baik dari segi jenis soal maupun skornya. Yang membedakan adalah penyelenggara tesnya dan juga biayanya. Biasanya, lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris bisa menyelenggarakan jenis tes ini. Biayanya pun relatif murah, berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 150 ribu per orang. Hasil tes bisa diketahui segera. Di beberapa lembaga kursus, hasil tes Prediction TOEFL ini malah bisa diketahui hanya sekitar 1-2 jam setelah tes dilaksanakan.

Secara internasional, jenis tes ini tidak diakui. Jadi kalau kita ingin mendaftar beasiswa ke luar negeri, jangan pernah sekali-kali menggunakan skor Prediction TOEFL ini. Namun, skor ini bisa digunakan untuk menjadi “pembanding” atau persiapan sebelum mengikuti tes yang sesungguhnya. Kegunaan lain dari tes jenis ini adalah untuk beberapa lembaga/institusi di Indonesia, para pelamar kerja masih bisa menggunakan hasil tes ini sebagai salah satu syarat.

Nah, setelah mengetahui berbagai jenis tes TOEFL, pastikan Anda tidak keliru melakukan persiapan untuk keperluan studi ke luar negeri maupun dalam negeri. Pastikan mengecek jenis TOEFL apa yang diminta dan persiapkan diri sebaik mungkin untuk tes tersebut. Pasalnya,skor ini menjadi salah satu penentu diterima tidaknya Anda di perguruan tinggi tujuan juga sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa. (Arbaiyah Satriani).

Berita Terkait

Image

Kuliah S1 di Luar Negeri dengan Beasiswa? Bisa Banget

Image

Beasiswa Chevening 2023/2024 Dibuka, Kesempatan Kuliah S2 Ke Inggris Gratis!

Image

Begini Cara Registrasi Duolingo English Test

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Calakan artinya cerdas dalam bahasa Sunda. Media Calakan ini diharapkan mencerdaskan para pembacanya khususnya terkait informasi-informasi yang berman

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image